
Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII MTs Negeri Tarakan
Pengarang : Miftahul Jannah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks persuasif kelas VIII Mts Negeri Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang termasuk kedalam penelitian korelasi. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes yang terdiri dari tes penguasaan kosakata dan tes menulis teks persuasif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara dan dokumentasi Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan bantuan Spss version-26 untuk melakukan uji prasyarat analisis. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji lineritas. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis product moment. Hasil dari penelitian ini yaitu “terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII Mts Negeri Tarakan. Data yang diperoleh dari hasil uji korelasi menggunakan analisis product moment dengan bantuan Spss Version-26 adalah rhitung 0,432 > rtabel 0,254 maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa “hubungan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks persuasif kelas VIII Mts Negeri Tarakan yaitu positif “Ha diterima dan Ho ditolak.”
Kata kunci: Hubungan Penguasaan Kosakata, dan Keterampilan Menulis Teks
Persuasif
This study aimed to determine whether there was a relationship between vocabulary mastery and the skills of writing persuasive texts for class VIII MTs Negeri Tarakan. This study used a quantitative research method that belongs to correlation research. The data collection method in this study used test. instruments consisting of a vocabulary mastery test and a persuasive text writing test. Data collection techniques used tests, interviews, and documentation. The sampling used was a random sampling technique. This study used SPSS version 26 to test prerequisite analysis. The analysis prerequisite tests were the normality test and the linearity test. The analysis technique in this study used product moment analysis. The results of this study are "there is a positive and significant relationship between vocabulary mastery and the skills of writing persuasive texts for class VIII students of MTS Negeri Tarakan. The data obtained from the results of the correlation test using product moment analysis with the help of SPSS Version-26 is r-count 0.432>r-table 0.254, so from the result of this study it can be concluded that "the relationship between vocabulary mastery and persuasive text writing skills for class VIII MTS Negeri Tarakan is positive "Ha is accepted and Ho rejected" Keywords: Correlation, Vocabulary Mastery, Writing Skills, Persuasive Text.