
Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan
Pengarang : Nursamira - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Tarakan dengan populasi penelitian adalah kelas VIII tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata, skor per indikator, dan standar deviasi. Sedangkan analisis inferensial terdiri dari uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol yaitu 67,72 untuk kelas eksperimen dan 56,53 untuk kelas kontrol dalam skala nilai 100. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y= 56,531+11,188D, dimana pada kelas eksperimen variabel dummy (D) bernilai 1 karena menerima perlakuan, maka nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas eksperimen adalah sebesar 56,531+11,188(1)=67,72. Sedangkan pada kelas kontrol variabel dummy (D) bernilai 0 karena tidak menerima perlakuan, maka nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas kontrol adalah sebesar 56,531+11,188(0)= 56,53. Hal ini berarti terdapat pengaruh dari model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Selain itu, hasil uji t diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 4,626>ttabel = 1,999) yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Pengaruh yang diberikan ini adalah sebesar 25,7% dan sisanya 74,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Treffinger
This study aims to determine the effect of Treffinger learning model on students’ mathematical creative thinking abilities. The research type was quasi-experimental research with the posttest only control grup design. It was conducted at junior high school 12 Tarakan with class VIII students as the research population for the academic year of 2022/2023. Sampling was carried out by simple random sampling technique then it was obtained that the experimental class was class VIII-1 and the control class was class VIII-4. Data collection used a mathematical creative thinking ability test instrument. The data analysis technique employed descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis included the average score, score per indicator, and standard deviation. Meanwhile, the inferential analysis consisted of a simple linear regression test, the coefficient of determination, and independent sample t-test. The results showed that the posttest average value of the experimental class was better than that of the control class, namely 67,72 for the experimental class and 56,53 for the control class on a value scale of 100. Based on the results of the simple linear regression test, the equation Y = 56,531+11,188D. The dummy variable (D) had a value of 1 in the experimental class because it received the treatment, then the average value of students’ mathematical creative thinking abilities in the experimental class was 56,531+11,188(1) = 67,72. Meanwhile, the dummy variable (D) had a value of 0 in the control class because it did not receive any treatment, so the average value of students’ mathematical creative thinking abilities in the control class was 56,531+11,188(0) = 56,53. It showed that there was an influence from the Treffinger learning model on the mathematical creative thinking ability. In addition, from the results of the t test, obtained t count was greater than t table (4,626 > 1,999) which showed that there was a significant influence of Treffinger learning model on students’ mathematical creative thinking abilities. That influence caused by the learning model was 25,7% and the remaining 74,3% was caused by other variables outside the research. Keywords: Mathematical Creative Thinking, Treffinger