
The Effect Of Seesaw Class Application On Student’s Speaking Skill At SMK Kesehatan Kaltara
Pengarang : Resti Hidayat - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi ada tidaknya pengaruh antara siswa yang diajar menggunakan aplikasi seesaw class sebagai media dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode conventional dalam kemampuan berbicara siswa kelas sebelas di SMK Kesehatan Kaltara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental mhetod, bentuk desain yang dipilih dalam penelitian ini adalah nonequivalent control design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kelas sebelas keperawatan A sebagai kelas experimen dan kelas sebelas keperawatan B sebagai kelas kontrol yang di ambil menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan independent sample t-test untuk meneliti data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang diajar menggunakan aplikasi seesaw class sebagai media dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode konventional dalam pengajaran kemampuan berbicara siswa. Hasilnya, uji hipotesis menentukan bahwa faktor signifikan lebih kecil dari 0,05, dan uji t yang dihasilkan (2,367) lebih kuat daripada t-tabel (2,045). Data menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Ha mengklaim peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan aplikasi kelas jungkat-jungkit sebagai media latihan keterampilan berbicara siswa kelas sebelas di SMK Kesehatan Kaltara.
Kata kunci: Aplikasi Seesaw Class, Kemampuan Berbicara Siswa
The purpose of this study was to determine whether there was a difference in the speaking abilities of students at SMK Kesehatan Kaltara's eleventh grade between those who were taught using the seesaw class application as a medium and those who were taught using traditional techniques. This study employed a quasi- experimental methodology and a nonequivalent control design as the preferred kind of design. This study used purposive sampling to choose class eleven nursing A as the experimental class and class eleven nursing B as the control class. To analyze the data, researcher employed an independent sample t-test. According to the study's findings, there were substantial disparities between students who were taught speaking skills using the seesaw class application and those who were taught using more traditional approaches. The t test result (2.367) was stronger than the t- table since the hypothesis test determined that the significant factor was smaller than 0.05. (2.045). The data showed that Ha was accepted and Ho was rejected. Ha claimed a significant increase in students' speaking ability by using the seesaw class application as a medium for practicing the speaking skills of eleventh grade students at SMK Kesehatan Kaltara. Keywords: Seesaw Class Application, Students' Speaking Skill