Pemanfaatan Media Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 02 Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pemanfaatan Media Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 02 Kota Tarakan

Pemanfaatan Media Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 02 Kota Tarakan

Pengarang : Maria Asriani Risinung - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan atau menjelaskan pemanfaatan media pembelajaran biologi di kelas XI SMA Negeri 2 Kota Tarakan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi dokumentasi dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi data untuk membantu dalam menganalisis dan pemeriksaan keabsahan data. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru biologi kelas XI di SMA Negeri 02 Kota Tarakan. Subjek dalan penelitian ini adalah satu guru biologi di SMA Negeri 02 Kota Tarakan dan siswa MIPA kelas XI. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dari hasil penelitian menujukan bahwa jenis media pembelajaran yang digunakan guru biologi adalah media cetak dan media grafis. Media cetak berupa buku LKS dan LKPD. Media grafik berupa gambar dan mind mapping, Faktor yang menjadi pertimbangaan guru biologi dalam menggunakan media pembelajaran adalah berupa ketersediaan media, karakteristik siswa, kemudahan guru dalam mengoperasikan media pembelajaran, dan bahan pembelajaran. Isi media pembelajaran yang digunakan oleh guru biologi memiliki kesesuaian terhadap materi pembelajaran, sehingga mempermudah peseta didik dalam memahami materi pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran oleh guru biologi tidak terdapat kendala dalam pemanfaatan media tersebut. Akan tetapi, dari penggunaan media tersebut muncul kendala berupa siswa yang tidak fokus atau tidak memperhatikan, kondisi kelas yang ribut, ketersediaan media pembelajaran dan waktu pembelajaran.

Kata Kunci: Pemanfaatan media pembelajaran, biologi.

This study aimed to analyze the use of biology learning media in class XI SMA Negeri 02 Tarakan City. The method used in this research was a documentation study with a qualitative approach. The data collection used in this study were interviews, observation, and documentation. Data were analyzed using data reduction, data presentation, drawing conclusions, and data triangulation to assist in analyzing and checking the validity of the data. The object of this study was the activity of utilizing learning media used by biology teachers in class XI at SMA Negeri 02 Tarakan City. The subjects in this study were biology teachers at SMA Negeri 02 Tarakan City and class XI MIPA students. Based on the data analysis carried out from the results of the research, it was shown that the types of learning media used by biology teachers were print media and graphic media, in the form of pictures and mind mapping. Factors that were considered by biology teachers in using learning media were the availability of media, student characteristics, the ease of the teacher in operating learning media, and learning materials. The contents of the learning media used by biology teachers were appropriate to the learning material, making it easier for students to understand the learning material In the use of learning media by biology teachers, there were no obstacles that arose in the form of students who were not focused or not paying attention, noisy class conditions, availability of learning media, and learning time Keywords: learning media usage, biology.

Detail Informasi