
Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Serli Dwiyanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Sampel pada penelitian ini sebanyak 165 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner/angket dan wawancara singkat dengan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan pengujian hipotesis uji t. Hasil penelitian menunjukkan pemberian reward dalam pembelajaran matematika berpengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik, hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi sederhana Y ̂=63,775+0,194X. Sedangkan pada hasil pengujian hipotesis uji t diperoleh thitung > ttabel (3,037 > 1,975) dengan signifikasi sebesar (0,003 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan.
Kata Kunci: Reward, Motivasi Belajar, Matematika
This study aims to determine the effect og giving rewards on the motivation to learn mathematics at class VIII students of SMP Negeri 3 Tarakan. This research was conducted in the odd semester of the 2022/2023 academic year. Quantitative research with ex-post facto design was used as the research type. A sample of 165 students were taken using proportional random sampling technique. Data were collected by distributing quetionnaires and breif interviews with students. Data analysis technique employed simple regression analysis and t-test hypothesis testing. The results showed that giving rewards in learning mathematics had a positive effect on students’ learning motivation. It can be seen from the simple regression equation Y ̂=63,775+0,194X. Meanwhile, the results of t-test hypothesis testing showed that obtained tcount > ttable (3,037 > 1,975) with a significance value 0f 0,003 < 0,05, so it can be concluded that there was an effect of giving rewards on the motivation to learn mathematics at class VIII students of SMP Negeri 3 Tarakan. Keywords: Reward, Learning Motivation, Mathematics