Pelaksanaan Layanan Konseling Individual Pada Siswa Broken Home Di SMPN 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pelaksanaan Layanan Konseling Individual Pada Siswa Broken Home Di SMPN 3 Tarakan

Pelaksanaan Layanan Konseling Individual Pada Siswa Broken Home Di SMPN 3 Tarakan

Pengarang : Iqhbal Akhmad Fadillah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Layanan konseling individual merupakan layanan dalam bimbingan dan konseling yang dilaksanakan untuk mengatasi berbagai macama masalah siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling individual pada siswa broken home di SMP Negeri 3 Tarakan Kota Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan informan penelitian terdiri dari 3 orang diantaranya guru bimbingan dan konseling dan 2 orang siswa broken home yang telah mendapatkan layanan konseling individual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa dalam pelaksanaan layanan konseling individual di SMP Negeri 3 Tarakan dilaksanakan melalui 3 tahapan, yaitu pra konseling dimana dalam tahap ini guru bimbingan dan konseling persiapan pribadi serta melakukan penataan ruang konseling; proses konseling dilakukan melalui perilaku attending, transisi pembicaraan, negosisasi kontrak layanan serta melaksanakan layanan melalui teknik dan pendekatan sesuai dengan masalah siswa; serta pasca konseling dimana dalam tahap ini guru bimbingan dan konseling menyusun laporan layanan konseling, serta melakukan monitoring perkembangan perilaku siswa dan melakukan evaluasi.

Kata Kunci: Konseling Individual, Broken Home

Individual counseling services are services in guidance and counseling that are carried out to address various kinds of student problems at school. The purpose of this study was to determine the implementation of individual counseling services for broken home students at SMP Negeri 3 Tarakan. This research used qualitative research with a descriptive approach and research informants consisted of 3 people including teachers and 2 broken-home students who had received individual counseling services. Data collection techniques in this study were interviews, observation, and documentation. The data analysis techniques, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results obtained that the implementation of individual counseling services at SMP 3 Tarakan was carried out through 3 stages, they are, pre-counseling where in this stage the guidance and counseling teacher prepared personally and took counseling room arrangements. The counseling process is carried out through attending behavior, conversation transitions, negotiating service contracts, and carrying out services through techniques and approaches according to student problems. Post-counseling stage, the teacher prepares reports on counseling services, as well as monitoring the development of student behavior, and conducting evaluations. Keywords: Individual Counseling, Broken Home

Detail Informasi