
Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDS Muhammadiyah III Al- Hilal Tarakan
Pengarang : Desy Riska Yanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Pop Up Book berbasis kearifan lokal yang ditinjau dari validitas media, validitas materi dan validitas bahasa serta mengetahui ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran Pop Up Book berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahap yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penilaian kelayakan media pembelajaran Pop Up Book berbasis kearifan lokal terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran Pop Up Book berbasis kearifan lokal layak digunakan dalam proses pembelajaran. Dimana diperoleh dari ahli media sebesar 68%, ahli materi sebesar 90%, ahli bahasa sebesar 80% dan dari uji coba terbatas sebesar 93,3%. Hasil angket ketertarikan siswa pada uji coba terbatas menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran Pop Up Book berbasis kearifan lokal berada pada kategori sangat tertarik. Media dikatakan layak di aplikasikan dan sangat tertarik untuk siswa dalam proses pembelajaran karena telah mencapai persentase pada kriteria-kriteria yang telah diberikan skor pada lembar validasi dan lembar angket respon ketertarikan siswa.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Kearifan Lokal, Pop Up Book
This study is aimed to produce learning media of Pop-Up Book based on local wisdom in terms of media validity, material validity, and language validity as well as students' interest toward learning media Pop Up Book based on local wisdom. The method of this study is R&D (Research and Development, Implementation). It uses ADDIE model consisting of Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The feasibility assessment of learning media, material, and linguist. The result of validation shows that media learning of Pop-Up Book based on local wisdom is feasible to use in the learning process. The results of validation by media expert gained 68%, material expert gained 90%, linguist gained 80%, and try out gained 93,3%. The results of questionnaire of student's interest in the tryout shows that the level of student's interest towards leaning media of Pop-Up Book based on local wisdom is in the category of very interested. The learning media is feasible to apply and is very interested in students in the learning process because it has achieved the percentage of criteria that has been scored on the validation sheet and questionnaire of student's interest. Keyword: Research and Development, Learning Media, Local Wisdom, Pop Up Book