Identifikasi Jenis-Jenis Media Pembelajaran Ipa Di SMP Negeri 1 Dan 3 Tanjung Palas Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Jenis-Jenis Media Pembelajaran Ipa Di SMP Negeri 1 Dan 3 Tanjung Palas Utara

Identifikasi Jenis-Jenis Media Pembelajaran Ipa Di SMP Negeri 1 Dan 3 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Novelianus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Media pembelajaran adalah alat bantu atau suatu prasarana yang digunakan oleh guru sebagai prantara untuk menyampaikan suatu informasi yang berhubungan dengan pembelajaran kepada peserta didik guna untuk membangkitkan keinginan dan minat baru, meningkatkan keaktifan dan rangsangan kegiatan belajar agar terjadi proses belajar dalam diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis media pembelajaran yang terdapat di SMP Negeri 1 dan 3 Tanjung Palas Utara dan bagaimana kesesuaian media dengan materi pelajaran IPA terkhususnya padamateri biologi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian atau media pembelajaran di SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara dan SMP Negeri 3 Tanjung Palas Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA yang digunakan di SMP Negeri 1 dan 3 Tanjung Palas utara dibagi menjadi 26 jenis media. Jumlah media yang diinventarisasi dari 2 sekolah tersebut yaitu di SMPN 3 Tanjung Palas Utara hanya memiliki 5 jenis media dan di SMPN 1 yang memiliki lebih banyak media, sekitar 21 jenis media. Jenis media yaitu realia, cetak, visual, audio visual, audio, berbasis IT dan simulasi/ berbasis permainan. Realia yang ditemukan yaitu benda nyata, model (mata dan telinga), awetan (preparat) Cetak yaitu buku paket, buku referensi, handout (LKPD) Visual yaitu Poster, Bagan, Charta Audio Visual Yaitu Video Dokumentasi, Video Interaktif, Video Rekaman Audio Yaitu Rekaman, Lagu Berbasis IT Yaitu PPT, File Prezi, Software ( Virtual Phet Edition 4), Video Animasi, Game Interaktif Simulasi/Berbasis Permainan Yaitu Kartu, Naskah Peran semua media pembelajaran IPA yang digunakan di SMP sudah sesuai dengan materi biologi.

Kata Kunci : Inventarisasi, Media pembelajaran, Biologi.

Learning media is a tool or an infrastructure used by the teacher as an intermediary to convey information related to learning to students in order to generate new desires and interests, increase the activity and stimulation of learning activities so that the learning process occurs in students. This study aimed to find out the types of instructional media found in Tanjung Palas Utara 1 and 3 Middle Schools and how the suitability of the media is with science subjects, especially biology This study used the descriptive qualitative method. Sources of research data or learning media at Tanjung Palas Utara 1 Public Middle School and North Tanjung Palas 3 Public Middle School. Data collection techniques were observation, interviews and documentation. The results showed that the science learning media used in Tanjung Palas Utara 1 and 3 Public Middle Schools was divided into 26 types . The number of media inventoried from the 2 schools is that SMPN 3 Tanjung Palas Utara only had 5 types of media and SMPN 1 had around 21 types of media. The media types were realia, print, visual, audio-visual, audio, IT-based and simulation/game-based. The realia found were natural objects, models (eyes and ears), preserved (preparations) Printed, like textbooks, reference books, visual handouts (LKPD), like Posters and Charts, Audio Visual Charts, such as Documentation Videos, Interactive Videos, Video Audio Recordings, IT-Based Songs using PPT, Prezi Files, Software (Virtual Phet Edition 4), and Animation Videos, Simulation/Game-Based Interactive Games like Cards and Role Scripts. All science learning media used in junior high schools is in accordance with biology material. Keywords: Inventory, learning media, biology

Detail Informasi