Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 13 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 13 Tarakan

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 13 Tarakan

Pengarang : Salwa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa. Kedisiplinan belajar merupakan suatu sikap, tingakah laku dan perbuatan siswa melakukan aktivitas belajar yang sesuai dengan keputusan aturan dan norma yang telah di tetapkan. Adapun indikator kedisiplinan belajar adalah disiplin waktu dan disiplin perbuatan. Layanan Bimbingan Kelompok merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling disekolah layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok ini berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Pra-Eksperimen model one grupe pretest-posttest design dengan sampel penelitian sebanyak 30 yang merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Tarakan. Berdasarkan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji paired samples test menggunakan SPSS 22.00 For Windows Versi 22.0 diketahui bahwa nilai uji t dengan thitung = 10,809 dengan uji t diketahui nilai df sebesar 29 dan nilai 0,05/2 = 0,025 sehingga ttabel sebesar 2,045. Karena thitung (10,809) > ttabel (2,045), hal ini berarti Ho ditolak, maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Tarakan.

Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Diskusi Kelompok, Kedisiplinan Belajar

This study aimed to determine the effect of group counseling services with group discussion techniques on student learning discipline. Discipline in learning is the attitude, behavior, and actions of students carrying out learning activities under the decisions of rues and norms that have been ser. The indicators of learning discipline are time discipline and action discipline. Group Guidance Service is one of the efforts that can be carried out by guidance and counseling teachers at school group guidance services with this group discussion technique affects student learning discipline. This study used a quantitative pre-experimental approach with a one-group pretest-posttest design with 30 samples of students in grade VIII of SMP Negeri 13 Tarakan. Based on the descriptive analysis and inferential analysis using paired samples test using SPSS 22.00 For Windows Version 22.0, it is known that the value of the t-test with t-count = 10.809 with the t-test it is known that the df value is 29 and the value is 0.05/2 = 0.025 so that the t-table is 2.045. because t-count (10.809) > t-table (2.045). this means that Ho is Rejected, then the hypothesis is accepted, meaning that there is an influence of group guidance services using group discussion techniques on the learning discipline of class VIII students at SMP Negeri 13 Tarakan. Keywords: Group Guidance Services, Group Discussions, Learning Discipline

Detail Informasi