Efektivitas Permainan Ular Tangga Sebagai Layanan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas V Di SD Muhammadiyah 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Permainan Ular Tangga Sebagai Layanan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas V Di SD Muhammadiyah 1 Tarakan

Efektivitas Permainan Ular Tangga Sebagai Layanan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas V Di SD Muhammadiyah 1 Tarakan

Pengarang : Herly Maihani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan permainan ular tangga sebagai layanan bimbingan belajar dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini terdiri dari 18 siswa dari 25 siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Tarakan dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan kuota sampling. Data diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan berhitung kemudian dianalisis dengan prosedur statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa perhitungan pengujian hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan nilai probabilitas sig tailed adalah 0.000 < 0.05 pada tingkat kepercayaan 95 % maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukan bahwa permainan ular tangga efektif sebagai layanan bimbingan belajar dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Tarakan.

Kata Kunci: Permainan Ular Tangga, Kemampuan Berhitung

The present research aimed to determine the effectiveness of the snake and ladder game as a guidance service in increasing the calculating ability of the fifth-grade students of SD Muhammadiyah 1 Tarakan. This research employed pre-experimental research with one group pretest-posttest design. The subject of this research consisted of 18 out of 25 fifth-grade students of SD Muhammadiyah 1 Tarakan using a non-probability sampling technique with quota sampling. The data were obtained by using the calculating ability test and were then analyzed using the descriptive statistical procedure and inferential statistical analysis with a t-test. Base on the result of the analysis, it was found that the calculation of the hypothesis testing by making a decision base on the probability value of sig. Tailed was 0.000 < 0.05 at a confidence level of 95 %, the alternative hypothesis (Ha) was accepted. It indicated that the snake and ladder game was effective as a guidance service in increasing the calculating ability of the fifth-grade students of SD Muhammadiyah 1 Tarakan. Keywords: Snake and Ladder Game, Calculating Ability

Detail Informasi