
Penerapan Token Economy Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMP IT IBNU ABBAS Tarakan
Pengarang : Ihsanul Huda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan token economy untuk meningkatkan kemandirian belajar di SMP IT Ibnu Abbas Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen model one group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu siswa SMP IT Ibnu Abbas sebanyak 10 siswa pada tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan skala kemandirian belajar dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik analisis deskriptif dan analisis inferesial dengan uji paired sampel t- Test dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata skor pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest sesudah diberikan perlakuan, hasil uji paired sampel T-test juga diperoleh nilai sig 2 Tailed = 0.000 < nilai α = 0.05 maka hasil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan dari token economy untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP IT Ibnu Abbas Tarakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik token economy dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Kata Kunci: Token Economy, Kemandirian Belajar
This study aimed to determine the application of the token economy to increase learning independence at SMP IT Ibnu Abbas Tarakan. This study applied a quantitative approach with an experimental research model of one group pretest- posttest design. The research sample was 10 students at SMP IT Ibnu Abbas in the 2021/2022 academic year. This study used a scale of learning independence with a Likert scale. The data analysis technique was descriptive analysis technique and inferential analysis with paired sample t-tests with SPSS software. The finding of this study indicated there was an increase in the average score before and after they received treatments. The results of the paired sample T-test obtained the value of sig 2 Tailed = 0.000 < value of a = 0.05 meaning that there is an effect of the application of token economy towards the students learning independence of SMP IT Ibnu Abbas Tarakan. Therefore, it can be concluded that the token economy technique can be used to increase student learning independence. Keywords: Token Economy, independent learning