
EFL Students’ Speaking Difficulties At The Fifth Semester In English Education Department
Pengarang : Faisal Adi Putra - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini menyelidiki kesulitan siswa dalam berbicara bahasa Inggris di EFL dan strategi yang digunakan mahasiswa untuk mengatasi kesulitan tersebut. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Mahasiswa semester lima dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dipilih sebagai informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan mewawancarai mahasiswa dengan wawancara semi terstruktur yang mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam berbahasa Inggris. Faktor pertama adalah sosial budaya;1) keterlibatan keluarga, 2) lingkungan hidup mahasiswa, dan 3) keterlibatan teman sebaya. Faktor kedua adalah psikologis; 4) merasa takut, 5) merasa malu. Faktor ketiga adalah linguistik; 6) dialek lokal, 7) pengucapan kata, 8) pengetahuan tata bahasa, 9) kosa kata, dan 10) pengisi. Faktor keempat adalah pengetahuan umum, termasuk 11) pengetahuan dunia/topik, 12. waktu belajar yang terbatas, dan 13) kebutuhan akan pemahaman. Strategi mahasiswa untuk mengatasi kesulitan tersebut antara lain mengambil kursus bahasa Inggris, Menggunakan bahasa Inggris sebagai komunikasi sehari-hari, berdialog dengan keluarga/teman sebaya, mengikuti komunitas bahasa Inggris, berlatih berbicara melalui game online, membaca tongue twisters, menyiapkan materi lebih awal, dan mencari materi dari internet/website pembelajaran. Penelitian ini menyiratkan bahwa berbicara yang baik dipengaruhi oleh lingkungan sosial, motivasi, kemahiran bahasa, dan pengetahuan dunia. Selain itu, diperlukan strategi pembelajaran yang efektif untuk membuat perkembangan.
Kata Kunci: Kesulitan berbicara, Strategi Mahasiswa, EFL
This study investigated studens diticulties in speaking Engish in EFL and the strategies students use to overcome these dificulties The research data was obtained using a qualitative descriptive method The fiflh-semester students from the English Education Depariment were selected as the informants usinga purposive sampling technique. Research data was collected by interviewing students with in-depth semi-structured interviews. The results of this study indicated that students experience difficulties in speaking English. The first factor was social culture; 1) family involvement, 2) student living environment, and 3) peer involvement. The second factor is psychological; 4) feeling afraid, and 5) feeling ashamed. The third factor was linguistics; 6) local dialect, 7) word pronunciation, 8) grammar knowledge, 9) vocabulary, and 10) filler. The fourth factor was general knowledge, including 11) world/ topic knowledge, 12. limited study time and 13) need for understanding, Student strategies to overcome these difficulties included taking English courses, using English as daily communication, making dialogues with family/peers, attending an English community, practicing speaking through online games, reading tongue twisters, preparing material earlier, and looking for material from the intemnet/leamning websites. This study implied that having good speaking is affected by the social environment, motivation, language proficiency, and world knowledge. Besides, it requires effective leamning strategies to make an improvement. Keywords: Speaking Difficulties, Students' Strategies, EFL