Eksperimentasi Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 11 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Eksperimentasi Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 11 Tarakan

Eksperimentasi Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 11 Tarakan

Pengarang : Fardaningsih - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam memberikan hasil belajar yang lebih baik, (2) ada tidaknya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) model pembelajaran yang berbeda akan memberikan pengaruh yang berbeda pada masing-masing tingkatan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2×2. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Negeri 11 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa, dengan rincian 20 siswa pada kelas IX-2 sebagai kelas kontrol dan 20 siswa pada kelas IX-3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan datanya dilakukan melalui tes hasil belajar matematika dan angket minat belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis. Analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh simpulan bahwa (1) hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) model pembelajaran yang berbeda tidak memberikan pengaruh yang berbeda pada masing-masing tingkatan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Minat Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika

The objectives of the research were to find out (1) the difference in learning models Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) compared to conventional learning models in providing better learning results; (2) whether or not there is an influence on mathematics by interest in learning; (3) different learning models have a different effect on each level of interest in learning about mathematics learning results. The research was a quasi-experimental study with a 2×2 factorial design. The population of the research was all class IX of SMP Negeri 11 Tarakan. Sampling technique used was simple random sampling. The sample in this research were 40 students, with 20 students in class IX-2 as the control class and 20 students in class IX-3 as the experimental class. The data collection was carried out through a mathematics learning achievement test and a questionnaire on students’ interest in learning mathematics. Data analysis techniques used descriptive analysis and hypothesis testing. Descriptive analysis included mean and standard deviation. Hypothesis testing used the analysis of two-way variance with unequal cells. Based on the results of descriptive analysis and hypothesis testing with a significance level of 5%, it concluded that (1) the students’ mathematics learning results which used Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) models better compared to conventional learning models, (2) there is an influence of learning interest on students’ mathematics learning result, (3) different learning models do not have a different effect on each level of interest in learning on student mathematics learning result. Keywords: Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Interest in Learning Mathematics, Mathematics Learning Results

Detail Informasi