Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membantu Penyesuaian Diri Siswa Di SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membantu Penyesuaian Diri Siswa Di SMP Negeri 5 Tarakan

Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membantu Penyesuaian Diri Siswa Di SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Muhammad Jeffry - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling membantu penyesuaian diri siswa dalam belajar di SMP Negeri 5 Tarakan. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskripsi. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang yaitu satu guru Bimbingan dan Konseling dan dua siswa SMP Negeri 5 Tarakan kelas IX dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling dalam membantu penyesuaian diri siswa dilakukan melalui layanan klasikal dengan tahapan-tahapan perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap inti, tahap penutup dan tahap evaluasi. Isi layanan klasikal mencakup pemberian informasi, motivasi dan arahan dalam hal mengatasi kesulitan dan kegagalan dalam belajar siswa, mendorong siswa rajin mengerjakan tugas, membentuk kepercayaan pengembangan diri siswa dan mendorong siswa membangun hubungan dengan teman sebaya.

Kata Kunci: Upaya, Penyesuaian Diri, Layanan Klasikal

This study was aimed to know the efforts of guidance and counseling teachers in helping students' self adjustment in learning at SMP Negeri 5 Tarakan. The method of this study was descriptive qualitative. It involved 3 guidance and counseling teachers and 2 students of the nineteenth grade at SMP Negeri 5 Tarakan as the research subjects by using purposive sampling The data were elicited from observation, interview and documentation. The data analysis covered on data collection, data reduction, data display, and conclusion. The results of this study showed that the efforts of guidance and counseling teachers in helping students' self adjustment were using classical services, covering on the stages of planning, implementing, and evaluating. The content of classical services included providing information, motivation, and instruction to overcome students' difficulty and failure in learning, encouraging students to diligently accomplish assignment, building confidence on students' self development, and encouraging students to build relationships with peers. Keywords: Effort, Self Adjustment, Classical Service

Detail Informasi