
Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Di SMP 11 Tahun Ajaran 2022/2023
Pengarang : Wiwin Marbun - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan merasa mampu untuk mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh konseling kelompok dengan teknik role playing terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi sasaran yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Tarakan yang berjumlah 79 siswa. Teknik sampling menggunakan non probality sampling (Purposive sampling) dengan ukuran jumlah sampel 13% dari populasi sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 10 siswa. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif, teknik analisis inferensial dan uji Wilcoxon signed rank test dengan SPSS versi 22.0. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai signifikansi sebesar (0,005 ˂ 0.05) yang artinya konseling kelompok dengan teknik Role playing memiliki pengaruh terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan. Pada pemberian pretest dari 10 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian, terdapat 6 (60%) siswa memiliki kepercayaan diri yang sangat rendah, 4 (40%) siswa memiliki kepercayaan diri yang rendah. Pada pemberian posttest terdapat 9 (90%) siswa yang memiliki kepercayaan diri sangat tinggi, 1 (10%) siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi.
Kata Kunci: Kepercayaan diri, Konseling Kelompok Teknik Role Playing
Self-confidence is a person's belief in all aspects of the strengths he has and the belief that he feels capable of achieving various goals in his life. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of group counseling using role playing techniques on the self-confidence of Grade VIII students at SMP Negeri 11 Tarakan. This research is an experimental study with the target population, namely all students of class VIII at SMP Negeri 11 Tarakan, totaling 79 students. The sampling technique uses non-probability sampling (purposive sampling) with a sample size of 13% of the population so that the total sample in this study is 10 students. Data processing used descriptive analysis techniques, inferential analysis techniques and the Wilcoxon signed rank test with SPSS version 22.0. Based on the data analysis it was concluded that based on the results of the hypothesis test, the significance value was (0.005 ˂ 0.05), which means that group counseling with the role playing technique had an influence on the self-confidence of class VIII students of SMP Negeri 11 Tarakan. In giving the pretest of the 10 students who were sampled in the study, there were 6 (60%) students who had very low self-confidence, 4 (40%) students who had low self-confidence. In giving the posttest there were 9 (90%) students who had very high self-confidence, 1 (10%) students who had high self-confidence. Keywords: Confidence, Role Playing Technique Group Counseling