Eksperimentasi Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Eksperimentasi Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan

Eksperimentasi Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan

Pengarang : Rezki - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan, (3) model pembelajaran yang berbeda memberikan efek yang berbeda pada masing-masing tingkatan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2022/2023 di SMP Negeri 11 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain factorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling dan diperoleh kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Jumlah sampel sebanyak 52 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi nilai PAS matematika kelas VII semester genap tahun pembelajaran 2021/2022 untuk data uji keseimbangan, angket untuk data motivasi belajar matematika siswa dan tes untuk data hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif yang terdiri dari rata-rata dan standar deviasi dan pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalur sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan dan tidak adanya perbedaan pengaruh antar model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Hasil Belajar Matematika, Motivasi Belajar Siswa

The purpose of this study was to determine whether (1) the mathematics learning outcomes of students who took lessons using the Reciprocal Teaching learning model were better than conventional learning models, (2) the effect of learning motivation on mathematics learning outcomes for SMP Negeri 11 Tarakan class VIII students, and (3) the learning model different learning had different effects on each level of learning motivation on student mathematics learning outcomes. This study was carried out at SMP Negeri 11 Tarakan during the odd semester of the 2022/2023 academic year. This study was a quasi-experimental study with a 2x2 factorial design. All students in class VIII of SMP Negeri 11 Tarakan participated in this study. The Simple Random Sampling technique was used for sampling, yielding class VIII-1 as the experimental class and VIII-2 as the control class. The sample size was 52 students. Documentation of grade VII math PAS scores in the even semester of the 2021/2022 academic year was used for balance test data, questionnaires for data on students’ mathematics learning motivation, and tests for data on students’ mathematics learning outcomes were used in this study. The descriptive analysis technique was used, which consisted of mean and standard deviation, and hypothesis testing was done using analysis of variance of two unequal cell lines. According to the research findings, the reciprocal teaching learning model was superior to the conventional learning model, students’ learning motivation influenced the mathematics learning outcomes of Tarakan SMP Negeri 11 class VIII students, and there was no difference in the effect of learning models and students’ learning motivation on students’ mathematics learning outcomes. Keywords: Reciprocal Teaching, Mathematics Learning Outcomes, Student Learning Motivation

Detail Informasi