
Motivasi Belajar Siswa Kelas V-A SDN 005 Tarakan Selama Pandemi Covid-19 Dalam Proses Belajar Dari Rumah
Pengarang : Maisi Yesenia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas V-A SDN 005 Tarakan dalam proses belajar dari rumah selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner terbuka, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan pada faktor internal siswa memahami bahwa dibutuhkan usaha kerja keras dan bersungguh-sungguh dalam belajar, kemampuan siswa dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, selain itu kondisi fisik dan mental siswa. Oleh karena itu diharapkan lingkungan rumah maupun sekolah dapat menciptakan lingkungan yang memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif agar siswa lebih termotivasi untuk belajar. Motivasi belajar siswa juga dipengaruhi oleh faktor eksternal berupa peran guru dalam menumbuhkan motivasi siswa, orang tua juga mempunyai peran yang sangat dibutuhkan dalam mendorong anak agar lebih semangat belajar, dan tempat belajar dengan suasana nyaman, aman, rapi dan bersih akan membuat siswa lebih berkonsentrasi dalam belajar.
Kata Kunci: Belajar, Motivasi, Pandemi, Sekolah Dasar, Siswa
This study aimed to describe the factors that influence the learning motivation of class V-A at SDN 005 Tarakan in the learning process from home during the covid-19 pandemic. This study uses a descriptive qualitative research method. Data was collected through open questionnaires, interviews, and documentation. The results of this study were found in the internal factors of students' understanding that it takes hard work and earnest effort in learning, and student abilities can affect student learning outcomes, besides the physical and mental conditions of students. Therefore, it is hoped that the home and school environment can create an environment that provides a sense of security, comfort, and conduciveness so that students are more motivated to learn. Student learning motivation is also influenced by external factors in the form of the teacher's role in fostering student motivation, parents also have a much-needed role in encouraging children to be more enthusiastic about learning, and a place to study with a comfortable, safe, neat and clean atmosphere will make students concentrate more on learning. Keywords: Learning, Motivation, Pandemic, Elementary School, Students