Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Mutiara Bangsa Sebatik Tahun Pelajaran 2021/2022 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Mutiara Bangsa Sebatik Tahun Pelajaran 2021/2022

Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Mutiara Bangsa Sebatik Tahun Pelajaran 2021/2022

Pengarang : Nur Anisa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Mutiara Bangsa Sebatik Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan. (di bimbing oleh Ibu Suriata, M.Pd dan Bapak Riski Sovayunanto, S.Psi,. M.Si). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok menggunakan Teknik self management terhadap konsentrasi belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Mutiara Bangsa Sebatik Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Pre-Exprimental Design. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah One-Group Pretest-Possttest. Dalam pengambilan sampel penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Populasi sasaran berjumlah 58 siswa dan sampel berjumlah 10 siswa. Penelitian ini menggunakan skala likert yang digunakan untuk mengatur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau kelompok orang tentang fenomena sosial. Hasil presentase skor pretest dan posttest dapat dilihat bahwa hasil rata-rata sebelum siswa diberikan perlakuan diperoleh rata-rata 68,5 dengan kategorisasi rendah, sedangkan hasil rata-rata setelah siswa diberikan perlakuan diperoleh rata-rata 77,3 dengan kategorisasi tinggi. Berdasarkan perbandingan rata-rata sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan skor peningkatan sebesar 8,8. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik. Hasil uji paired sampel t test diperoleh nilai t hitung sebesar 3.289 > t tabel sebesar 2,262, sebagaimana dasar pengambilan keputusan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan teknik self management terhadap konsentrasi belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Mutiara Bangsa Sebatik Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata kunci: Teknik Self-Management, Konsentrasi Belajar Siswa

This study aimed to determine effect of self-management techniques on the learning concentration of computer and network tenht graders at Mutiara Bangsa Vocational School in the academic year 2021/2022. This research was quantitative using the pre-eksperimental design research method. The research design was the one group pre-test-post-test. The purposive sampling technique was used in taking a sample of the research. The study research sample was 10 out of 58 students. The likert scale was employed to regulate attitudes, opinions, and perceptions of a person or group about social phenomena. The research result showed that the self-management technique significantly differs between the pre-test and post-test, where the mean score difference was 8.8. the pre-test score was 68.5 with low categorization, and the post-test was 77.3 with high categorization. The paired sample t-test obtained a t-value of 3,289 > t table of 2,262 as the basis for decision making, then Ho is rejected, and Ha is accepted. Therefore, the self-mannagement technique successfully lead the students’ learning concentration to the learning process. Keywords: Self-Management Technique, Student Learning Concentration

Detail Informasi