
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Literasi Sains Di SMP Negeri 3 Kota Tarakan
Pengarang : Ikhsan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry terbimbing terhadap hasil literasi sains di SMP Negeri 3 Kota Tarakan pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian time series (Time Series Design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023, dan sampel yang digunakan adalah kelas VII-6 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji Paired Sample T Test dan diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0.000 < dari taraf signifikan 0.05 sehingga diputuskan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga keputusan yang diperoleh disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap hasil literasi sains siswa di SMP Negeri 3 Kota Tarakan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing, Literasi Sains.
This study aims to determine the effect of applying the guided inquiry learning models to the results of scientific literacy in SMPN 3 Tarakan on the material classification of organisms. This study uses a quasi-experimental method with a time series research design. The population in this study were class VII students of SMPN 3 Tarakan in the 2022/2023 Academic Year, and the sample used was class VII-6 as the experimental class. The study's results were analyzed using the Paired Sample T Test and obtained a Sig (2-tailed) of 0.000 < from a significant level of 0.05, so it was decided that H, was accepted and H, was rejected. The decision obtained concluded that there was an influence of the inquiry on the results of students' scientific literacy at SMPN 3 Tarakan. Keywords: Inquiry, Science Literacy.