Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Prezi Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Di SMP Negeri 1 Sebatik Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Prezi Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Di SMP Negeri 1 Sebatik Utara

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Prezi Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Di SMP Negeri 1 Sebatik Utara

Pengarang : Jumarni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media Prezi terhadap kemampuan analisis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sebatik Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sebatik Utara Tahun Ajaran 2022/2023, dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test diperoleh nilai thitung sebesar 5,172 pada taraf signifikansi 0,05 dan df 48 diperoleh nilai ttabel sebesar 2,010 berarti thitung > ttabel. Sehingga berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media Prezi terhadap kemampuan analisis siswa SMP Negeri 1 Sebatik Utara.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Prezi, Kemampuan Analisis

This study aims to analyze the effect of the Problem-Based Learning (PBL) mode assisted by Preri on the analytical abilities of class Vill at SMPN 1 Sebatik Utara This study used a quantitative descriptive approach with a quali-esperimental with a population of class Vill students at SMPN Sebatik Utara, the 2022/2023 academic year. The samples ined were class Vill Fans the experimental class and class VIII as the control class. The study's results were analysed using the independent sample t-test, obtained by of 5.172 at a significance level of 0.05 and df48, a tu of 2010 means tut Based on the results of data analysis, there is an influence of Problem-Based Learning (PiL) assisted by Prezi on the analytical abilities of students of SMPN Sebatik Utara Keywords: Problem-Based Learning Model, Prezi, Analytical Ability

Detail Informasi