Perbandingan Pembelajaran Online Dan Offline Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 12 Tarakan Pada Mata Pelajaran IPA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perbandingan Pembelajaran Online Dan Offline Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 12 Tarakan Pada Mata Pelajaran IPA

Perbandingan Pembelajaran Online Dan Offline Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 12 Tarakan Pada Mata Pelajaran IPA

Pengarang : Oktagita Perisanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Covid-19 menyebar dengan pesat sehingga sekolah di Indonesia menyelenggarakan pembelajaran secara online yang belum pernah diterapkan sebelumnya, hal ini mengharuskan siswa dan guru untuk beradaptasi dengan media pembelajaran online, seiring penurunan kasus Covid-19 diterapkan pembelajaran tatap muka terbatas dimana terdapat pembelajaran online dan pembelajaran offline yang diselenggarakan secara terjadwal. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang digunakan untuk menguji perbandingan hasil belajar siswa pada pembelajaran online dan offline dengan hasil penelitian kuantitatif dimana data berupa angka sebagai alat untuk menentukan keterangan mengenai hasil penelitian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Tarakan antara pembelajaran online dan offline pada mata pelajaran IPA. Populasi dari penelitian ini berjumlah 185 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 125 siswa yang dibagi menjadi kelas online dengan jumlah 63 siswa dan kelas offline dengan jumlah sebanyak 62 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis, data yang diperoleh diuji statistik uji independent t-test menggukan aplikasi SPSS 25. Nilai rata-rata pada pemebelajaran online sebesar 73 dan nilai rata-rata pembelajaran offline sebesar 62 dan hasil uji independent t-test yang menujukkan nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran online dan offline pada mata pelajarn IPA di SMP Negeri 12 Tarakan. Hasil penelitian menujukkan nilai pada pembelajaran online lebih tinggi dari pada pembelajaran offline.

Kata Kunci : Covid-19, Pembelajaran online, Pembelajaran offline, Hasil belajar

Covid-19 was spread rapidly so the schools in Indonesia held online learning which had never been implemented before. This required students and teachers to adapt to online learning media. With the decline in Covid-19 cases, limited face-to-face learning where online learning and offline learning were applied in the limited schedule. This was comparative research that was used to test the comparison of the students’ learning achievement between online and offline learning with quantitative research results where data were in the from of numbers as a tool to determine information about research results. The objective of this research was to find out the differences in the learning achievement of the eighth grade students at SMP Negeri 12 Tarakan between online and offline learning in a science subject. The population of this research consisted of 185 students with a research sample of 125 students which were divided into online classes with a total 63 students and offline classes with a total of 62 students. The instrument used in this research was a written test in which the data were statistically tested using independent samples t-test aided by SPSS version 25. The mean score of online lerning was 73 and that of offline learning was 62. The result of the independent sample t-test showed a significance value 0f 0.00 < 0.05 which indicated that there was a difference between online and offline learning in a science subject at SMP Negeri 12 Tarakan. The result of the study showed that scores in online learning were higher than that offline laerning. Keywords: Covid-19, Online learning, offline learning, Learning Achievement

Detail Informasi