
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Terhadap Transportasi Gojek Di Kota Tarakan
Pengarang : Andriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan, tarif, pelayanan, citra perusahaan terhadap permintaan transportasi Gojek. Penelitian ini merupakan penelitian Skala Likert dengan objek penelitian pendapatan, tarif, pelayanan dan citra perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan bahwa uji hipotesis (uji t) menunjukkan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan transportasi Gojek dengan nilai X1 thitung (0,594) < ttabel (1,662) dan nilai sig. X1 (0,554) > α (0,05). Tarif tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan transportasi Gojek dengan nilai X1 thitung (1,117) < ttabel (1,662) dan nilai sig. X2 (0,267) > α (0,05). Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap permintaan transportasi Gojek dengan nilai X3 thitung (4,720) > ttabel (1,662) dan nilai sig. X3 (0,000) < α (0,05). Citra perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan transportasi Gojek dengan nilai X4 thitung (0,535) < ttabel (1,662) dan nilai sig. X4 (0,594) > α (0,05). Secara simultan terdapat pengaruh antara pendapatan, tarif, pelayanan, dan citra perusahaan terhadap permintaan transportasi Gojek, dengan nilai Fhitung (21,888) > Ftabel (2,48) dan nilai sig. Fhitung (0,000) < (0,05). Dan diperoleh nilai koefisien determinasasi (R2) sebesar 0,507 atau 50,7%. Nilai tersebut menunjukan bahwa 50,7% permintaan transportasi Gojek dipengaruhi oleh pendapatan, tarif, pelayanan dan citra perusahaan. Sedangkan sisanya sebesar 49,3 disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model.
Kata kunci : pendapatan, tarif, pelayanan, citra perusahaan, permintaan.
The purpose of this research was to find out the effect of revenue, tariff, service, and company image on Gojek transportation demand. This research was a Likert Scale research with the object of researching revenue, tariff, service and company image. The analysis method used was multiple regression. Based on the results of the data analysis, the hypothesis test (t test) showed that revenue did not have a significant effect on the demand for Gojek transportation with the value of X1 t count (0.594) < t table (1.662) and sig value. X1 (0.554) > α (0.05). Tariff does not have a significant effect on Gojek transportation demand with the value of X1 t count (1.117) < t table (1.662) and sig value. X2 (0.267) > α (0.05). The service had a significant effect on the demand for Gojek transportation with the value of X3 t count (4,720) > t table (1,662) and sig value. X3 (0.000) < α (0.05). The image of the company has no significant influence on the demand for Gojek transportation with the value of X4 t count (0.535) < t table (1.662) and sig value. X4 (0.594) > α (0.05). Simultaneously, there was an effect between revenue, tariff, service, and company image on the demand for Gojek transportation, with the value of F count (21.888) > F table (2.48) and sig value of F count (0.000) < (0.05).The determination coefficient value (R2) was obtained as 0.507 or 50.7%. This value showed that 50.7% of Gojek's transportation demand was influenced by revenue, tariff, service and company image. While the rest was 49.3 caused by other factors that were not included in the model. Keywords: revenue, tariff, service, corporate image, demand