Hubungan Waktu Tunggu Dengan Kepuasan Pasien Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Pertamina Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Waktu Tunggu Dengan Kepuasan Pasien Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Pertamina Tarakan

Hubungan Waktu Tunggu Dengan Kepuasan Pasien Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Pertamina Tarakan

Pengarang : Taufik - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kepuasan pasien merupakan indikator mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit, satu diantaranya faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah waktu tunggu pelayanan rawat jalan. Kecepatan pelayanan kepada pasien dan lamanya waktu tunggu pasien dalam memperoleh pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan pasien dan kualitas pelayanan rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien di unit rawat jalan Rumah Sakit Pertamina Tarakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian observasional analitik pendekatan studi cross sectional. Jumlah sampel yang diambil oleh peneliti adalah 98 pasien, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling.Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil analisis uji statistik chi square menunjukkan bahwa ada hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien dengan nilai p value = 0,029. Dari hasil penelitian ini diharapkan Rumah Sakit Pertamina Tarakan dapat meningkatkan pelayanan yang telah diterapkan selama ini serta perlu adanya penambahan dokter spesialias mitra yang tugas pokoknya di Rumah Sakit Pertamina Tarakan tanpa harus menunggu selesai pelayanan di RS Unit lain sehingga pasien tidak terlalu lama menunggu.

Kata Kunci: Kepuasan, Waktu Tunggu Rawat Jalan

Patient satisfaction is an indicator of the health services quality in hospitals, one of the influence of patient satisfaction factors is the waiting time for outpatient services. The service speed and the waiting duration for services can affect patient satisfaction and the hospital services quality. This study aimed to determine the relationship between waiting time and patient satisfaction at the Pertamina Hospital Tarakan outpatient unit. This study was quantitative, an analytic observational research design with a cross-sectional approach. The sample was 98 patients, using simple random sampling. The research instrument used a questionnaire. The chi- square statistical test analysis showed a relationship between waiting time and patient satisfaction with a p-value = 0.029. The study result suggests that the Pertamina Hospital Tarakan can improve the services implemented and add partner specialist doctors whose main duties at the Pertamina Hospital Tarakan without having to wait for completed services at other Hospital Units, which will make patients wait too long. Keywords: Satisfaction, Outpatient Waiting Time

Detail Informasi