
Perancangan Poros Engkol Pada Mesin Uji Universal (Tekan, Tarik Dan Bending)
Pengarang : Eko Wahyudin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendesain, menghitung torsi yang dibutuhkan dan mengetahui prinsip kerja sebuah poros engkol pada mesin uji universal. Poros engkol berfungsi sebagai penggerak tuas yang terhubung kehidrolik. Penelitian ini mengunakan metode analitis dan studi pustaka. Pada perancangan poros engkol yang terdapat pada mesin uji universal menggunakan software solidwork yang sebelumnya telah dilakukan perhitungan torsi pada poros engkol dengan variasi jarak yang berbeda – beda. Pada variasi jarak poros 35 mm didapatkan torsi 2744 N.m, kemudian dengan jarak poros 50 mm didapatkan torsi 3920 N.m, selanjutnya pada jarak 75 mm didapatkan torsi 5880 N.m, dan untuk jarak poros 85 mm torsi yang didapatkan adalah 6664 N.m. Semakin besar jarak poros yang digunakan maka torsi yang didapatkan semakin besar.
kata kunci : Mesin Uji Universal, Software Solidwork, Poros Engkol, Torsi
The objective of the research was to design, calculate the reguired torgue and to determine the working principle of a crankshaft on a universal testing machine. The crankshaft functions as a lever drive connected to hydraulics. This research employed analytical methods and literature study. Designing the crankshaft in the universal testing machine used solid-work software, the torgue calculation on the crankshaft had been carried out with different distance variations. For a shaft spacing of 35 mm, a torgue of 2744 N.m was obtained: With an axle spacing of 50 mm a torgue of 3920 N.m was obtained, then at a distance of 75 mm a torgue of 5880 N.m was obtained, and for an axle spacing of 85 mm the torgue obtained was 6664 N.m. The greater the shaft distance used was, the greater the torgue obtained will be. Keywords: Universal Testing Machine, Solid-work Software, Crankshaft, Torgue