
Pengembangan Media Big Book Untuk Kemampuan Membaca Nyaring Terhadap Siswa Kelas II-B Di SDN 009 Tarakan
Pengarang : Thea Leonnie Sihombing - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penenlitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research dan development). Sugiyono (2019: 396) dalam buku nya menyatakan bahwa penelitian dan pengembangan (R&D) ini adalah metode penelitian dan pengembangan yang meneliti, merancang, memproduksi, serta menguji validitas produk yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajran berupa buku besar atau big book yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran khusus yaitu membaca, yang ditinjau dari validasi media dan bahasa. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran big book. Prosedur penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi).instumen pengumpulan data yang digunakan yaitu obervasi, wawancara, lembar validasi, angket respon siswa, dan dokumentasi. Produk media pembelajran big book yang dihasilkan berukuran A3 yang terbuat dari kertas art paper. Hasil validasi yang telah dilakukan terhadap ahli media diperoleh presentase 85%, dam ahli bahasa 96%. Hasil validasi yang dilakukan menunjukan bahwa media pembelajaran big book berada pada kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran membaca nyaring. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan pada lima orang siswa kelas II-a memperoleh presentase sebesar 90% dan 97% pada uji coba lapangan. Dari kedua uji coba tersebut menunjukan bahwa siswa merasa sangat tertarik terhadap media pembelajaran big book.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Big Book, Membaca Nyaring
This research was reseacrh and development. Sugiyono (2019:396) in his book stated that research and development (R&D) wasresearch and development method that researchs, designs,manufactures, and tests the validity of the products produced. This study aimed to develop a learning, namely reading, which was reviewed from media and language validation. in addition, this research was conducted to determine student responses to big book leaning media. This research procedure used the ADDIE development model which consist of five stages, namely Anlysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection instruments used observation, interviews, validation sheets, student response questionnaires, anda documentation. The big book learning media product produced was in A3 size made of art paper. The validation results that had been carried out on media experts obtained a percentage of 85% and linguists 96%. The validation results showed that big book learning media was in the category of very feasible to be used in learning reading aloud. The results of limited trial conducted on five students of II-b students obtained a percentage og 90% and 97% in field trial. from two trials, it showed that students feel very interested in big book learning media. Keywords: Research and Development, Big Book, Reading Aloud