Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Di Sekolah Dasar Negeri 009 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Di Sekolah Dasar Negeri 009 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Di Sekolah Dasar Negeri 009 Tarakan

Pengarang : Alda Asmara Putri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flash card pada membaca permulaan materi tema 1 diriku subtema 2 tubuhku. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I yang masih rendah, kurangnya media yang digunakan pada proses pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran flash card yang layak digunakan untuk membaca permulaan pada saat proses pembelajaran berlangsung, yang ditinjau dari validasi media, bahasa, dan materi. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran flash card. Prosedur penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Hasil validasi yang telah dilakukan terhadap ahli media, diperoleh persentase sebesar 82%, ahli bahasa sebesar 80%, ahli materi sebesar 80% . hasil validasi yang dilakukan menunjukkan bahwa media pembelajaran flash card berada pada kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji coba respon siswa terhadap media pembelajaran flash card memperoleh persentase 90% pada uji coba terbatas, dan 98% pada uji coba lapangan. Hasil angket respon siswa mengenai media pembelajaran flash card pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa respon siswa yang berikan pada media pembelajaran flash card sangat baik.

Kata Kunci: Model ADDIE, Media Pembelajaran Flash Card, Membaca Permulaan

This study explored how to produce flashcard learning media for reading the beginning of the learning material on the theme i myself, and sub-theme 2 my body. this research was urgently conducted because of the low reading skills of first-grade students, and inadequate appropriate media used in the early reading learning process. this research produced flashcard learning media that is relevant for beginning reading during the learning process, based on the validation of media, language, and material. in addition, this research was conducted to determine students responses to flashcard learning media. the research producer implemented the ADDIE development model consisting of 5 stages, analysis, design, development, implementation, and evaluation. the results of the validation from the media experts were 82%, linguists 80%, and content experts 80%. the results of the validation showed that the flashcard learning media was in such a suitable category involved in the learning process. the test results of student responses to flashcard learning media obtained a proportion of 90% in limited trials and 98% in field trials. the results of the response questionnaire regarding flashcard learning media for students in limited trials and field trials showed that the student responses given to flashcard learning media were very good. Keywords: ADDIE Model, Flashcard Learning Media, Beginning Reading

Detail Informasi