
Analisis Efisiensi Produksi Dan Pemasaran Sawi Hijau (Brassica juncea l.) Pada Kelompok Tani Sinar Harapan Kampung Enam
Pengarang : Sabrina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yaitu (!) bagaimana saluran pemasaran sawi di Kelompok Tani Sinar Harapan (2)bagaimana efisiensi produksi sawi di Kelompok Tani Sinar Harapan (3) berapakah margin, farmer’s share dan efisiensi pemasaran sawi di Kelompok Tani Sinar Harapan. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menganalisis saluran pemasaran sawi di kelompok Tani Sinar Harapan (2) untuk menganalisis efisiensi produksi sawi di Kelompok Tani Sinar Harapan (3) untuk mengetahui berapakah margin, farmer’s share dan efisiensi pemasaran sawi di Kelompok Tani Sinar Harapan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif meliputi saluran pemasaran dan analisis kuantitatif meliputi DEAP, margin pemasaran, farmer’s share, dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan saluran pemasaran yaitu terdapat dua pola saluran pemasaran sawi yang terbentuk, saluran l : Petani – Konsumen, dan saluran pemasaran ll : Petani – Pedagang Pengumpul/pengecer – Konsumen. Hasil analisis marjin pemasaran yaitu terdapat marjin pemasaran yang berbeda-beda pada tiap-tiap saluran pemasaran, marjin pemasaran tertinggi diperoleh oleh lembaga pemasaran pedagang pengumpul/pengecer pada saluran pemasaran pola ll yaitu sebesar Rp 5.579 dan marjin pemasaran terendah diperoleh saluran pemasaran l yaitu Rp.0. Sedangkan analisis farmer’s share menunjukkan kedua pola pemasaran sudah efisien tetapi pola saluran l jika dilihat dari farmer’s share (100%) lebih efisien dari pada nilai farmer’s share (30%) pola saluran ll.
Kata Kunci: Sawi, Saluran Pemasaran, DEA, Margin Pemasaran, Farmer’s Share
This research is motivated by some problems, namely how are the marketing channels for mustard at Sinar Harapan Farmer Group (2) how is the efficiency of mustard production at Sinar Harapan Farmer Group (3) what are the margins, farmer's share and marketing efficiency of mustard at Sinar Harapan Farmer Group. This research aims (1) to analyze the marketing channel for mustard at Sinar Harapan Farmer Group (2) to analyze the efficiency for mustard production (3) to find out the margin, farmer's share and marketing efficiency for mustard. The method is a descriptive qualitative analysis including marketing channels and quantitative analysis of DEAP, marketing margin, farmer's share, and marketing efficiency. The results showed that based on marketing channels, there are two patterns: Farmers-Consumers, and Farmers-Collectors/Retailers-Consumers. From their marketing margins, there are differences among the channels. The highest marketing margin is identified in the second marketing channel, IDR 5,579, and the lowest margin is found in the marketing channel 1, IDR. 0. The farmer's share analysis shows that the two marketing patterns are efficient, but the channel 1, viewed from the farmer's share (100%), is more efficient than the channel II, the farmer's share (30%). Keyword: Mustard, Marketing Channels, DEA, Marketing Margins, Farmer's Share