
Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Tarakan
Pengarang : Lisa Nurhayati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Tarakan .Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari sampel yang teridentifikasi sebagai Guru Produktif SMK Negeri Tarakan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 79 orang. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi Product Moment dari Pearson dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows dengan tingkat kepercayaan 95%. Dari analisis statistik data yang dilakukan diketahui bahwa pada uji hipotesis menunjukan bahwa variabel Kecerdasan Emosional memiliki nilai 0,700 dan thitung sebesar 6,035 signifikan pada ? = 0,05 (one tailed) nilai t-tabel 1.67. Nilai thitung > t-table sehingga dapat disimpulkan bahwa Kecerdasan Emosional berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Taraakan artinya bahwa saat Kecerdasan Emosional meningkat maka kinerja Guru SMK Negeri Tarakan akan meningkat. Pada variabel Kecerdasan Spiritual diketahui memiliki 0.231 dan t hitung sebesar 2,288 signifikan pada ? = 0,05 (one tailed) nilai t-tabel 1,66. nilai thitung > t-tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Kecerdasan Spiritual berpengaruh positif terhadap Guru SMK Negeri Tarakan, artinya bahwa saat tingkat Kecerdasan Spiritual meningkat maka kinerja Guru SMK Negeri Tarakan akan meningkat.
The objective of this study is to examine the influence of Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence on Performance of the Vocational School’s Teachers in Tarakan City. The data of this study are primary, data obtained from samples that identified as Productive Teachers of Vocational High School in Tarakan City. Sampling method using purposive sampling so that the number of samples in this study were 79 people. Data analysis was performed by Pearson Product Moment correlation technique with the help of SPSS 16.0 for Windows program with a 95% confidence level. From the statistical analysis of the data carried out it is known that the hypothesis test shows that the Emotional Intelligence variable has a value of ? 0.700 and t count is 6.035 significant at = 0.05 (one tailed) t-table value 1.67. The value of t-count > t-table so that it can be concluded that Emotional Intelligence has a positive effect on the performance of Vocational School’s Teachers in Tarakan city means that when Emotional Intelligence increases, the performance of Tarakan State Vocational Teachers will increase. The Spiritual Intelligence variable is known to have ? 0.231 and t count at 2.288 significant at = 0.05 (one tailed) t-table value 1.66. t-count value> t-table so it can be concluded that Spiritual Intelligence has a positive effect on Vocational School’s Teachers, that’s mean, when the Spiritual Intelligence level increases, the performance of Vocational School’s Teachers will increase.