
Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Matematika Kelas IV SD/MI Berdasarkan Kurikulum 2013
Pengarang : Windyanti Pangestu Dewi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya buku ajar Matematika kelas VI Kurikulum 2013 yang beredar secara bebas dipasaran, selain itu ketidak tahuan konsumen dalam menentukan kriteria buku ajar yang baik dan berkualitas juga menjadi alasan penulis melakukan penelitian ini. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Matematika Kelas IV SD/MI Berdasarkan Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas materi buku ajar Matematika Kelas IV dalam Kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan standar kelayakan isi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan melalui Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Buku ajar Matematika kelas IV Kurikulum 2013, telah sesuai dengan standar materi yang ditetapkan dan Layak untuk digunakan. Hal ini dikarenakan buku teks Matematika tidak terdapat pelanggaran HAKI dan tidak terdapat unsur Sara, Pornografi dan Bias.
Kata Kunci: Analisis Buku Ajar, Matematika
This research was motivated by a large number of Mathematics textbooks for Class VI Curriculum 2013 that were freely distributed in the market, as well as consumers' ignorance in determining the criteria for good and quality textbooks. Based on this background, the author was interested in conducting research on the Content Feasibility Analysis of Grade IV Mathematics Textbooks in SD/MI Based on the 2013 Curriculum. The purpose of this research was to determine the quality of the material for Grade IV Mathematics textbooks in the 2013 Curriculum adjusted to the content feasibility standards published by the Ministry of Education through Permendikbud Number 8 of 2016 concerning books used by education units. This research was qualitative descriptive research. The results ofthis study indicated that the Class IV Mathematics textbooks in the 2013 Curriculum were in accordance with the established material standards and were suitable for learning references. This was because there were no IPR violations in Mathematics textbooks and no elements of SARA, Pornography, and Bias. Keywords: Textbook Analysis, Mathematics