Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Anita Hasriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 123 siswa di kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner motivasi belajar siswa dan dokumen penilaian akhir semester (PTS) semester genap tahun ajaran 2021/2022. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan statistik yaitu menggunakan aplikasi SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan dengan persamaan regresi Ŷ=40,181+0,350X. Berdasarkan hasil analisis statistik maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika

This research aims to describe the influence of learning motivation on students' mathematic achievement of Eighth Grade Students of SMP Negeri 7 Tarakan. This research was conducted in the even semester of the academic year 2021/2022. The research method used quantitative research with surveying methods. The research sample consisted of 123 students. The data collection technique was questionnaires based on students' attitudes and learning independence, including the final test's document (scoring result). The data was collected and processed by using the SPSS 23.0 application. The research results indicated a partial influence between the learning motivation with the regression equation = 40,181 +0.350X. Statistical analysis has concluded that there was a positive effect between learning motivation and students' mathematic achievements. Keywords: Learning Motivation, Students' Mathematic Achievements

Detail Informasi