
The Effect Of Simpler Application On Students’ English Vocabulary At First Grade Of SMPN 7 Tarakan
Pengarang : Shandy Purwo - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penguasaan kosakata siswa menggunakan aplikasi Simpler. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dan penulis menggunakan satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu VII-3 yang berjumlah 31 siswa di SMPN 7 Tarakan. Data di analisa menggunakan t-test. Hasil analisa data menunjukkan bahwa hasil penelitian sebelum diberi perlakuan, nilai rata-rata siswa adalah 48.19 dan setelah mendapatkan perlakuan, terdapat peningkatan yang signifikan terhadap nilai rata-rata siswa yaitu 78.00. Dapat dikatakan bahwa aplikasi Simpler memberikan kemajuan yang signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini berimplikasi pada penintegritasan media dalam pembelajaran bahasa Inggris, dan penggunaan aplikasi Simpler memberikan dampak positif terhadap pengajaran kosakata.
Kata kunci : Simpler Application, Kosakata siswa, Bahasa Inggris.
The goal of this research was to assess students’ vocabulary mastery using the Simpler application. This type of research was pre-experimental. Purposive sampling was applied in this study, and the study selected one class as the research sample from VII-3, consisting of 31 students at SMPN 7 Tarakan. The t-test was used to analyze the data. The data analysis revealed that the students’ score before treatment was 48.19, and after treatment, there was a significant increase of 78.00. It was concluded that the Simpler application was able to make significant progress toward students’ vocabulary mastery. This study has implications for the use of media in English learning, and the Simpler application has a positive impact on teaching vocabulary. Keywords; Simpler application, Students’ vocabulary, English learning