Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 5 Tarakan

Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : ROHMA RAHAJENG PRIHANDENNI ROHKIM - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kesulitan belajar IPA yang di alami siswa dalam pembelajaran daring dari aspek minat belajar dan sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII G SMP Negeri 5 Tarakan sebanyak 28 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket kesulitan belajar peserta didik, dimana di dalam angket ini aspek yang dilihat adalah minat belajar dan sarana prasarana. Teknik analisis data pada penelitian ini digunakan untuk melihat persentase yang diperoleh pada masing-masing item pernyataan yang kemudian ditafsirkan ke dalam kriteria jawaban yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesulitan belajar IPA siswa secara Daring dari aspek minat belajar dengan persentase keseluruhan sebesar 63,78% yaitu dengan kategori sebagian besar memiliki kesilitan belajar dari aspek minat belajar; (2) Kesulitan belajar IPA siswa secara Daring dari aspek sarana dan prasarana memiliki persentase rata-rata keseluruhan 68,63% yaitu dengan kategori Sebagian besar siswa mendapatkan kesulitan belajar dari aspek sarana dan prasarana.

Kata Kunci; Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Pandemi COVID-19, Minat Belajar dan Sarana Prasarana

This research aims to describe how the level of learning difficulty in learning science faced by students in online learning from the aspects of learning interest and learning facilities, This research employed quantitative descriptive research The research subject was Seventh Grade Students of SMP Negeri 5 Tarakan, namely G Class, consisting of 28 students. The research instrument was a questionnaire that consisted of the learning interest and learning facilities aspect. The data analysis technique was used to describe the percentage for each statement item which was then interpreted into the predetermined answer criteria. The research results showed that (1) the learning difficulty in learning science Online indicated overall 63,78%, which means that most students faced learning difficulties in the aspects of learning interest; (2) related to the online learning facilities, students faced difficulties 68 63%. It means that most students needed help with learning facilities and infrastructure. Keyword: Learning Difficulty, Online Learning, Covid-19 Pandemic, Interest and Learning Facilities

Detail Informasi