Peran Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 031 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 031 Tarakan

Peran Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 031 Tarakan

Pengarang : Iin Hendianty - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Masa pandemi covid-19 telah menimbulkan permasalahan dalam pelaksanaan BR (Belajar Dari Rumah) pada pembelajaran yang dilakukan dari rumah guru tidak bisa membimbinga siswa secara langsung, Guru hanya koordinasi dengan orang tua siswa dalam membantu membimbing siswa dalam belajar. Berkaitan dengan tersebut penelitian in bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja peran orang tua dalam motivasi belajar siswa kelas V SDN 031 Tarakan. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskripsi dengan lokasi penelitian yaitu di SDN 031 Tarakan. Informan pada penelitian ini ialah orang tua dan siswa kelas V SDN 031 Tarakan. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data wawancara, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua telah menjalankan peranya sebagai (1) pengasuh dan pendidik, orang tua tidak bisa selalu mengontrol waktu anak untuk dalam belajar karena kesibukan dalam dan jarang berada di rumah. (2) sebagai pembimbing, orang tua telah mengenal anaknya terutama dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan belajar sehinga orang tua memberikan tambahan belajar berupa les pada sore hari. (3) sebagai motivator, orang tua selalu memberikan penguatan berupa pujian, nasehat dan motivasi yang dilakukan setiap hari kepada anak. (4) sebagai fasilitator, orang tua selalu berusaha untuk memberikan fasilitas belajar yang anak butuhkan selama pembelajar yang dilakukan dari rumah.

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Kesulitan Belajar Siswa, Pandemi

The COVID-19 pandemic has caused problems in the implementation of online learning where it was done from home. In this situation, teachers cannot guide them directly. What they can do is coordinating with the parents to guide the students in the learning process. In this regard, this study aims to describe the parents' role in supporting the home-learning process among the fifth graders at SD 031 Tarakan. This study employed a descriptive qualitative method. The informants were the parents whom were interviewed to collect the data. The data were then analyzed interactively by reducing and displaying to draw conclusion. The results of the study show that parents have taken some roles as (1) caregivers and educators, they cannot al ways control their children because they are busy with their work and some were rarely at home. (2) mentors, they know their children well, especially in solving problems related to learning; some of them had provided additional learning in the form of tutoring in the afternoon. (3) motivator, they always provided reinforcement in the form of praise, advice and motivation. (4) facilitators, they always try to provide learning facilities that their children need during the home-learning. Keywords: Role of Parents, Student Learning, Pandemic, Home-Learning

Detail Informasi