Hubungan Pola Asuh Permisif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Pola Asuh Permisif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023

Hubungan Pola Asuh Permisif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023

Pengarang : Siti Aisyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pola asuh permisif adalah gaya pengasuhan terhadap anak yang memberikan kebebasan kepada anak untuk mencari dan menentukan sendiri apa yang mereka inginkan, dimana orang tua tidak menerapkan disiplin dalam belajar, memberikan kebebasan secara penuh kepada anak, tidak pernah mengingatkan anak untuk mengerjakan tugas sekolah, siswa sering menunda-nunda untuk mengerjakan tugas, kebiasaan mencotek hasil dari pekerjaan teman dan siswa lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain ketika berada di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh permisif terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Tarakan tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Tarakan sebanyak 201 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala pola asuh permisif yang diadaptasi dari teori Hurlock (2008) dan dokumentasi untuk memperoleh data nilai rata-rata rapot siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS 23.00 for windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment, diperoleh nilai koefisien sebesar 0,067, hasil tersebut dibandingkan dengan rtabel = 0,202 pada taraf signifikansi α = 5% atau 0,05 dengan N = 100 maka rhitung = 0,067 < rtabel = 0,202, maka hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “tidak ada hubungan antara pola asuh permisif terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023” diterima.

Kata Kunci: Pola Asuh Permisif, Prestasi Belajar

Permissive parenting is a parenting style for children that gives freedom to children to find and determine for themselves what they want, where parents do not apply discipline in learning, give full freedom to children, never remind children to do school work, students often procrastinating doing assignments, cheating habits result from friends’ word and students spend more time playing when at home. The purpose of this study was to find out whether there was a relationship between permissive parenting style and student achievement in grade VIII at SMPN 5 Tarakan for the 2022/2023 Academic Year. This study used a quantitative correlational design as its research approach. The population of this study consisted of all 201 students in class VIII at SMPN 5 Tarakan, and the sample size employed in this study was 100 students who were chosen at random. In order to gather information on students’ average report cards, the study’s data gathering method employed documentation and a permissive parenting scale that was modified from Hurlock’s theory (2008). With the aid of the SPSS 23.00 application for Windows, the descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis data analysis techniques were used. Based on the results of hypothesis testing using product moment correlation analysis, a coefficient value of 0.067 was obtained, these results were compared with rtable = 0.202 at a significance level of α = 5% or 0.05 with N = 100 then rcount = 0.067 < rtable = 0,202, then the hypothesis was null (Ho) which reads “there was no relationship between permissive parenting style and student achievement in grade VIII at SMPN 5 Tarakan for the 2022/2023 Academic Year” was accepted. Keywords: Permissive Parenting, Learning Achievement

Detail Informasi