
Deskripsi Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV-B Di SDN 050 Tarakan
Pengarang : JUBAEDAH - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran di kelas IV-B SDN 050 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN 050 Tarakan dengan melibatkan guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sebagai motivator telah dilaksanakan. Hal tersebut terlihat guru sebagai motivator telah menghidupkan suasana kelas dengan adanya interaksi antara siswa dan guru, tidak adanya keributan yang disebabkan oleh siswa di dalam kelas, guru menggunakan metode pembelajaran yang menyesuaikan dengan materi yang ajarkan, siswa menyanyian lagu kebangsaan dan yel-yel kelas untuk meningkatkan semangat diawal pembelajaran, guru memberikan hadiah kepada siswa berupa senyum, tepuk tangan, memberikan jempo serta hadiah lainnya, serta guru selalu melibatkan siswa dalam mengerjakan proyek dan tugas di sekolah.
Kata Kunci: Peran Guru, Motivator
Thus study aimed to describe the teacher's role as a motivator in the learning process in fourth-B graders at SDN 050 Tarakan. This research used a descriptive gualitative method. The research was conducted at SDN 050 Tarakan involving teachers and students. Data collection technigues were gained through interviews, observation, and documentation. The data analysis technigue used the Miles and Huberman to reduce, present, and conclude data. This finding showed that the teacher's role as a motivator had been implemented. The teacher as a motivator has revived the classroom atmosphere with the interaction between students and the teacher. Students in the class cause no commotion, and the teacher uses learning methods that adapt to the material taught, students sing the national anthem. The class yells to increase enthusiasm at the beginning of learning. The teacher rewards students, with smiles, applause, thumbs up, and other appreciation. The teacher always involves students in working on projects and assignments at school. Keywords: Teacher's Role, Motivator