Sikap Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Borneo Tarakan Dalam Pembelajaran Matematika | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Sikap Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Borneo Tarakan Dalam Pembelajaran Matematika

Sikap Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Borneo Tarakan Dalam Pembelajaran Matematika

Pengarang : Teguh Kurnia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Sikap adalah segala perbuatan dan tindakan yang berdasarkan pada pendirian dan keyakinan yang dimiliki. Sikap mencerminkan perasaan seseorang terdapat sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap mahasiswa PGSD UBT dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif PGSD UBT yang telah melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 mahasiswa yang diambil menggunakan random sampling. Pada skala Sikap Mathematics Teaching Anxiety diperoleh hasil diantaranya: penguasaan materi matematika, pengalaman mengajar matematika dan kesiapan dalam pengajaran matematika. Untuk skala sikap Mathematics Teaching as a Male Domain menyimpulkan bahwa pria dan wanita sama baiknya dalam pengajaran matematika Pada skala sikap Effectance Motivation in Mathematics diperoleh bahwa dalam pengajaran matematika sekolah dasar masih memiliki rasa kurang percaya diri dalam mengajar, terutama mengajar dikelas tinggi. akan tetapi masih memiliki rasa peduli untuk membantu siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal matematika.

Kata Kunci: Sikap dalam Pengajaran Matematika

An attitude is an action based on convictions and beliefs. Attitude reflects a person's feelings is something. This research was intended to describe PGSD students' attitudes toward teaching mathematics. The methods used descriptive quantitative. The population of the research was active PGSD students who had conducted the Introduction of Schooling Field (PLP) program. The research samples consisted of 60 students who were taken using random sampling. On the scale of Mathematics Teaching Anxiety, the researcher found students' lack of master mathematical materials, inexperience in teaching mathematics and readiness in teaching mathematics. On the male domain attitude scale, it was concluded that men and women were equally good at teaching math. On the Effectance Motivation in Mathematics attitude scale, it was found that students feel comfortable teaching math because they have actually prepared themselves before teaching, and students also feel uncomfortable when students were asked suddenly teach mathematics. Keywords: Students' Attitude, Teaching Mathematics

Detail Informasi