Pengembangan Media Pembelajaran Mini Scrapbook Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Malinau Barat | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Mini Scrapbook Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Malinau Barat

Pengembangan Media Pembelajaran Mini Scrapbook Tema 6 Cita-Citaku Subtema 2 Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Malinau Barat

Pengarang : Mailinda - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Mini Scrapbook yang ditinjau dari validitas media, materi dan bahasa serta mengetahui ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran Mini Scrapbook Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu. Analysis, Design, Development. Implementation dan Evaluation Penilaian kelayakan media pembelajaran Mini Scrapbook terdiri dari ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil yang diperoleh dari ahli media sebesar 95%, ahli materi sebesar 95%, ahli bahasa sebesar 96,87% Dari uji coba terbatas 97,5% dan uji coba lapangan sebesar 100% Hasil validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa menunjukkan bahwa media pembelajaran Mini Scrapbook sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran Hasil angket ketertarikan pada uji coba lapangan menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran Mini Scrapbook berada pada kategori sangat tertarik.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Mini Scrapbook

This study aimed to produce learning media in the form of a Mini Scrapbook in terms of the validity of the media, materials and language and to determine students' interest in learning media Mini Scrapbooks. This study was Research and Development with procedures using the ADDIE model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Assessment of the feasibility of the Mini Scrapbook consists of media, material, and language experts. The results obtained from the media expert score was 95%. the material expert score was 95%, linguists expert score was 96.87% From limited trials, 97.5% and field trials, 100%. The validation results of media, material and linguist experts show that Mini Scrapbook is very suitable for learning Furthermore, the results of the interest questionnaire in the field trial showed that the level of student interest in Mini Scrapbook was a very interesting category. Keywords: Research and Development, Learning Media, Mini Scrapbook

Detail Informasi