Pengembangan Media Pembelajaran Lempar Dadu Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Untuk Siswa Kelas IV Di SDN 051 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Lempar Dadu Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Untuk Siswa Kelas IV Di SDN 051 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Lempar Dadu Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Untuk Siswa Kelas IV Di SDN 051 Tarakan

Pengarang : Ivan Linggi Allo - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media lempar dadu yang ditinjau dari validitas media, dan materi serta mengetahui kemenarikan siswa terhadap media pembelajaran lempar dadu. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan Borg and Gall dalam Sugiyono yang terdiri dari sepuluh tahapan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk massal. Penilaian kelayakan media pembelajaran lempar dadu terdiri dari ahli media dan ahli materi. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 90% ahli materi sebesar 92,5%. Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran lempar dadu sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil kemenarikan pada uji coba produk sebesar 89,28% dan uji coba pemakaian terbatas sebesar 85%. Hasil angket uji coba produk dan angket kemenarikan siswa pada uji coba pemakaian terbatas menunjukkan bahwa siswa tertarik terhadap media pembelajaran lempar dadu.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Lempar Dadu, Model Borg and Gall

This study aims to produce a learning media of dice throwing in terms of the validity of media and material and determine students' attractiveness in the learning media of dice throwing. This research was Research and Development. The development procedure used Borg and Gall development model, cited in Sugiyono, consisting of ten stages: potentials and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product trials, product revisions, usage trials, product revisions, and mass products. The feasibility assessment of learning media of dice throwing consisted of a media expert and a material expert. The obtained validation results were 90% from the media expert and 92.5% from the material expert. The validation results of the media expert and the material expert showed that the learning media of dice throwing was very feasible to use in the learning process. The result of the attractiveness on the product trial was 89.28%, and the limited usage trial was 85%. The results of the product trial and the student attractiveness questionnaire in the limited usage trial showed that students were interested in the learning media of dice throwing. Keywords: Research and Development, Learning Media, Dice Throwing, Borg and Gall Model

Detail Informasi