
Pengaruh Teknik Modelling Simbolik Terhadap Minat Karir Siswa Melanjutkan Ke SMK Di MTs Negeri Tarakan
Pengarang : Naslinda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan karir dengan teknik modeling simbolik berpengaruh terhadap minat melanjukan ke SMK di MTs Negeri Tarakan. Minat adalah penggerak yang dijadikan motivasi semangat seseorang untuk melakukan tindakan atau pilihan sesuai dengan keinginannya, sehingga oleh karenanya seseorang akan berusaha demi memenuhi hasrat untuk keinginannya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa MTs Negeri Tarakan yang berjumlah 126 siswa dan penarikan sampel yang digunakan Simple Random Sampling yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala minat dari teori Walgito yang dikembangkan oleh Adinda (2013). Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Adapun uji Wilcoxon Signed Rank Test versi 24.00, hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis, nilai signifikansi sebesar (0,000 > 0,05) yang artinya bimbingan karir dengan teknik modeling simbolik berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke SMK di MTs Negeri Tarakan. Hal tersebut terlihat pada skor pretest yang diperoleh pada pemberian pretest dari 25 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian, terdapat 15 (60%) siswa yang memiliki tingkat minat melanjutkan ke SMK rendah, 12 (40%) siswa yang memiliki tingkat minat melanjutkan ke SMK sangat rendah. Pada pemberian posttest terdapat 13 (52%) siswa yang memiliki tingkat minat melanjutkan ke SMK sangat tinggi, 12 (48%) siswa yang memiliki tingkat minat melanjutkan ke SMK tinggi. Berdasarkan keputusan uji statistik wilcoxon dan hasil analisis pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Teknik Modeling simbolik Terhadap Minat Melanjutkan ke SMK Siswa di MTs Negeri Tarakan.
Kata Kunci: Teknik Modeling, Minat, Karir
The purpose of this research was to invesigate the influence of career guidance services using modelling techniques on the interest of MTs students in continuing their studies at Vocational School (SMK). The research used a quantitative experiment design with a population of 126 students as respondents, and the sampling technique was simple random sampling (25 students as research sampling). The research result showed that the hypothesis test indicates a significant value of (0.000 > 0.05). It means that career quidance service has influenced the students’ decision to continue their studies as Vocatioal School (SMK). The pre-test result indicated that 15 (60%) students have a low interest in continuing their studies at SMK, and 12 (40%) students have a very low interest in continuing their studies at SMK. However, based on the post-test result displayed that 12 (48%) students have a high interest in continuing their studies at SMK, and 12 (48%) students have a very high interest in continuing their studies at SMK. Therefore, based on Wilcoxon statistic testing and analyzing the result of the pre-test and post-test, the modelling technique significantly influences MTs students’ decision to continue their study at Vocational School (SMK). Keywords: Modeling Ethnic, Interest