Pengembangan Media Pembelajaran Smart Window Pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas I SDN 018 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Smart Window Pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas I SDN 018 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Smart Window Pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas I SDN 018 Tarakan

Pengarang : Arman - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan media pembelajaran Smart Window ditinjau dari hasil angket validasi, ketertarikan siswa ditinjau dari angket ketertarikan siswa, dan respon guru ditinjau dari angket respon guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dibuat untuk menjawab permasalahan yang terdapat di kelas pada saat proses pembelajaran karena masih terdapat siswa yang kurang tertarik belajar tanpa adanya media pembelajaran sebagai pendukung pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa dan 4 guru kelas I SDN 018 Tarakan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, angket ketertarikan siswa, angket respon guru dan dokumentasi. Berdasarkan angket validasi, angket ketertarikan siswa, angket respon guru, menunjukkan bahwa hasil skor persentase angket validasi media sebesar 96%, skor persentase angket validasi materi sebesar 100%, skor persentase validasi ahli bahasa sebesar 94%, dan skor persentase angket ketertarikan siswa sebesar 99,7%, serta skor persentase angket respon guru sebesar 93,5%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Smart Window pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas I SDN 018 Tarakan sangat layak dan sangat menarik digunakan di dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Model ADDIE, Smart Window

This study aimed to see the worthiness of Smart Window in terms of the results of expert validation questionnaires, student interest in student interest questionnaires, and the teacher's response in terms of the teacher's response questionnaire. The method used in this research is the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The subjects in this study were 24 students and 4 classroom teachers for grade I at SDN 018 Tarakan. The data collection instruments were validation questionnaires for media, material, and language experts, student interest, teacher response questionnaires, and documentation. Based on the expert validation, student interest, and teacher response questionnaires, it shows that the result of the media validation score was 96%, the material validation score was 100%, the linguist validation score was 94%, the student interest score was 99.7%, and the percentage score of the teacher's response questionnaire was 93.5%. Therefore, it can be concluded that the Smart Window in Theme 7 Subtheme 1 Learning 1 for Grade at SDN 018 Tarakan is very appropriate and interesting to use in the learning process. Keywords: Research and Development, ADDIE, Smart Window

Detail Informasi