Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perkalian Dan Pembagian Materi Pecahan Di Kelas V B SDN 052 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perkalian Dan Pembagian Materi Pecahan Di Kelas V B SDN 052 Tarakan

Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perkalian Dan Pembagian Materi Pecahan Di Kelas V B SDN 052 Tarakan

Pengarang : Riska Agustina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita perkalian dan pembagian pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan siswa kelas V B SDN 052 Tarakan dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Penelitian ini melibatkan 22 siswa kelas V-B SDN 052 Tarakan yang berada di jalan TMMD RT. 11, kelurahan Karang Harapan. Data dikumpulkan melalui tes soal dan wawancara dengan 6 siswa mewakili subjek penelitian untuk diwawancarai dari 22 siswa. Data analisis secara kualitatif untuk mendeskripsikan bagaimana siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita perkalian dan pembagian pecahan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan : a)siswa kesulitan pada perkalian bilangan, hal ini terjadi karena pada operasi hitung dalam menyederhanakan bilangan pecahan sehingga mendapatkan hasil akhir yang salah, kesulitan dalam memahami maksud dari soal sehingga membuat siswa melakukan kesalahan dalam penulisan jawaban dan ketidaktahuan siswa mengenai perkalian sehingga membuat siswa mengalami kesulitan pada saat melakukan operasi hitung sehingga mengakibatkan siswa kesulitan dalam membuat kesimpulan. b)siswa kesulitan pada pembagian, hal ini terjadi karena siswa tidak paham dengan konsep yang digunakan, tidak paham maksud dari soal sehingga siswa kesulitan dalam melakukan operasi hitung pecahan pembagian sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam membuat kesimpulan.

Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Soal Cerita, Pecahan

This research was motivated by the difficulty of students in solving story problems of multiplication and division of fractions. The purpose of this research was to describe the difficulty of class V B SDN 052 Tarakan students in solving fractional material story problems. This research involed 22 students of class V-B SDN 052 Tarakan located on TMMD RT 11, Karang Harapan. Data was collected through test questions and interviews with 6 students representing the research subjects to be interviewed out of 22 students. Qualitive data analysis was used to describe how students experienced difficulties in solving story problems of multiplication and division of fractions. It was found that : a) students had difficulty in multiplying numbers. This pccurred as a result of the calculation operation used to simplify fractions, which led to the students receiving the incorrect answer, their inability to comprehend the questions’s intent, which led to errors in the writing of their responses, and their lack of knowledge of multiplication, which made the struggle to perfom calculation operations and struggle to draw conclusions. b) students had difficulty in division. This occurred because students struggled with the operations of counting fractions and dividing, which made it difficult for them to draw inferences. Additionally, students struggled with the meaning of the question and the ideas presented. Keywords: Student Difficulty, Story Questions, Fractions

Detail Informasi