
Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Aplikasi Wattpad Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Tesa Lutfi Yanasari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi wattpad terhadap kemampuan menulis naskah drama. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tarakan tepatnya pada kelas VIII-7 pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 16 orang yang merupakan siswa di kelas VIII-7. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes tertulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur penelitian berupa tugas menulis naskah drama dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama dilakukan sebelum menggunakan aplikasi wattpad dengan pengumpulan melalui kertas dan tahap kedua dilakukan dengan menggunakan aplikasi wattpad dalam mengerjakannya. Hasil yang diperoleh terdapat perubahan yang signifikan dari penggunaan aplikasi wattpad terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII-7 di SMP Negeri 1 Tarakan. Nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menggunakan aplikasi wattpad mendapat persentase sebesar 60,5%, adapun nilai rata-rata setelah menggunakan aplikasi wattpad pada kemampuan menulis naskah drama diperoleh sebesar 74%. Selanjutnya berdasarkan nilai ketuntasan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama berdasarkan nilai KKM yaitu 72. Ketuntasan siswa sebelum menggunakan aplikasi wattpad mendapat persentase sebesar 25% dengan total hanya 4 siswa saja yang mendapatkan ketuntasan, dan nilai ketuntasan setelah menggunakan aplikasi wattpad mendapatkan persentase sebesar 75% dengan total 12 siswa mendapat ketuntasan.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Naskah Drama, Aplikasi Wattpad
The research aims to describe the Wattpad application's effect on composing drama scripts. This research was conducted at State Junior High School 1 Tarakan in VIII- 7 class. The research method used qualitative description. The research sample consisted of 16 students. Research instruments were written tests, interviews, observations, and documentation. The research steps in gathering data were done in two stages: the first stage was taken before application with the paper collection. and the second stage was done using the Wattpad application. This result indicated a significant score by using the application toward composing drama script in class VIII-7. The average score obtained before using the application was 60.5%, while the average score after using the Wattpad application was achieved by 74% Furthermore, based on the overall score of the student's ability to compose drama scripts was 72. The student's mastery of learning before using the application was 25%, or only four students had minimum scores. After using the Wattpad application was 75%. Therefore, it can be revealed that the Wattpad application can improve students' performance in composing drama manuscripts. Keywords: Writing Ability, Drama Script, Wattpad application