Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fabel Dengan Metode The Silent Way Dan Media Living Book Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sebatik Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fabel Dengan Metode The Silent Way Dan Media Living Book Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sebatik Utara

Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fabel Dengan Metode The Silent Way Dan Media Living Book Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sebatik Utara

Pengarang : Nur Syahirah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita fabel dengan metode The Silent Way dan media Living Book pada SMP Negeri 1 Sebatik Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Sebatik Utara Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran The Silent Way melalui media Living Book dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita fabel siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Sebatik Utara. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa ranah afektif sebesar 35%, ranah kognitif sebesar 47% dan ranah psikomotorik sebesar 35% selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa ranah afektif meningkat sebesar 88% hal ini dikarenakan siswa telah menanamkan sifat kerja sama dan bertanggung jawab serta sifat yang lebih antusias dalam pembelajaran, selanjutnya ranah kognitif meningkat sebesar 100% hal ini dikarenakan siswa dapat membuat rangkaian cerita, sktruktur serta pemilihan kata dan kalimat yang lebih baik. Ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan sebesar 100%.

Kata Kunci : pembelajaran menulis, cerita fabel, model pembelajaran The Silent Way dan media Living Book

The purpose of this study was to improve the students' skills in writing fables using The Silent Way method and Living Book media. This is class action research (CAR). The subjects were the seventh graders at class VIIB in SMP Negeri 1 Sebatik Utara in the 2021/2022 Academic Year. They were 17 students (6 boys and 11 girls). This research was implemented in 2 cycles with 2 meetings for each. The results show that the combination of the method and the media improves their ability in fable writing. This can be seen from the results obtained in each cycle. In cycle I, the mastery of their learning outcomes in their affective domain was 35%, their cognitive domain mastery was 47% and their psychomotor domain mastery was 35%. Meanwhile after the cycle II, their mastery of the three domains were 88%, student learning outcomes in the affective domain increased by 88%, 100%, and 100%, respectively. Their affective aspect was seen from their cooperation and responsibility as well as their high interest in the learning. The cognitive outcomes were seen from their works; they were good in structure, the sentences, and their word choices. keywords: Writing skill, fables, the silent way learning model and living book

Detail Informasi