Deskripsi Implementasi Nilai Sila Ketiga Persatuan Indonesia Pada Siswa Kelas VI Al-Fath Di SD Muhammadiyah 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Implementasi Nilai Sila Ketiga Persatuan Indonesia Pada Siswa Kelas VI Al-Fath Di SD Muhammadiyah 2 Tarakan

Deskripsi Implementasi Nilai Sila Ketiga Persatuan Indonesia Pada Siswa Kelas VI Al-Fath Di SD Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengarang : Denny Kurniawan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SD Muhammdiyah 2 Tarakan tahun ajaran 2021/2022. Sumber data informan dari penelitian ini yaitu guru kelas VI Al-fath, peserta didik, kepala sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada saat di lapangan, peneliti terlebih dahulu meminta izin kepada informan ataupun pihak sekolah untuk menentukan waktu wawancara dan sistem wawancara. Peneliti melakukan wawancara secara tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VI Al-fath telah mengimplementasikan nilai nilai Pancasila sila Persatuan Indonesia yang terlihat sikap kebersamaan, cinta tanah air dan bangsa, serta menghargai perbedaan, namun beberapa peserta didik masih belum mengetahui dan menghafal lagu-lagu kebangsaan, misalnya lagu “Indonesia Raya”. Selain itu,didalam kelas belum terdapat gambar-gambar pahlawan Nasional.

Kata Kunci: Implementasi, Nilai Pancasila, Peserta Didik, Persatuan Indonesia

This study used a descriptive qualitative method at SD Muhammadiyah 2 Tarakan in the academic year 2021/2022. The data sources from this study are teachers of class VI, students, and principals. Data collection techniques in this study used interviews, observation, and document study. Qualitative data analysis techniques through data reduction, data presentation, and conclusion. While in the field, the researcher first asked permission from the informant or the school to determine the time of the interview and the interview system. Researchers conducted face-to-face interviews. The results showed that class VI students had implemented the values of Pancasila, the principle of the Unity of Indonesia, which showed an attitude of togetherness, love for the motherland and nation, and respect for differences, but some students still do not know and memorize the national anthems, for example, the song "Indonesia Raya" besides that there are no pictures of National heroes in the class. Keywords: Implementation, Pancasila Values, Elementary Schools, The Unity Of Indonesia

Detail Informasi