Analisis Kemampuan Spasial Pada Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sederhana Di SDN 049 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Spasial Pada Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sederhana Di SDN 049 Tarakan

Analisis Kemampuan Spasial Pada Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sederhana Di SDN 049 Tarakan

Pengarang : Elsa Febiola Fernanda - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Salah satu kemampuan yang digunakan dan perlu dikembangkan dalam mempelajari materi geometri adalah kemampuan spasial. Kondisi siswa yang cenderung mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal geometri bangun ruang dengan bentuk yang berbeda-beda disebabkan saat proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menghadirkan wujud dari materi bangun ruang yang sedang dibahas sehingga siswa terbiasa menyelesaikan masalah bangun ruang berdasarkan contoh yang sudah diberikan oleh guru.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan spasial siswa kelas V SDN 049 Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui tes soal kemampuan spasial, wawancara, dan dokumentasi. Sebanyak 26 siswa kelas V-B mengisi lembar tes kemampuan spasial kemudian dikelompokkan berdasarkan kategori kemampuan matematika. Sebanyak 6 orang dipilih secara acak sebagai subjek dalam penelitian ini untuk mewakili kategori kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan ketegori kemampuan tinggi memenuhi 3 indikator kemampuan spasial, yaitu kemampuan persepsi, kemampuan visualisasi, dan kemampuan rotasi. Siswa dengan kategori kemampuan sedang hanya mampu memenuhi 1-2 indikator kemampuan spasial yaitu kemampuan persepsi dan kemampuan visualisasi. Siswa dengan kategori kemampuan rendah belum mempu memenuhi semua indikator kemampuan spasial yang digunakan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Bangun Ruang Sederhana, Sekolah Dasar

One of the abilities that is used and needs to be developed in learning geometry material is spatial ability. The condition of students who tend to experience difficulties in understanding and solving geometric shapes with different shapes is due to the fact that during the learning process the teacher only uses the lecture method without presenting the shape of the geometric material being discussed so that students are used to solving geometric problems based on the examples that have been provided. given by the teacher.. This study aims to analyze the spatial abilities of fifth grade students at SDN 049 Tarakan. The research method used is descriptive qualitative. Data was collected through tests of spatial abilities, interviews, and documentation. A total of 26 students of class V-B filled out a spatial ability test sheet and were then grouped by category of mathematical ability. A total of 6 people were randomly selected as subjects in this study to represent the categories of high, medium and low mathematical abilities. The results showed that students with high ability categories fulfilled 3 spatial ability indicators, namely perceptual ability, visualization ability, and rotational ability. Students in the moderate ability category are only able to fulfill 1-2 indicators of spatial ability, namely perceptual ability and visualization ability. Students with low ability categories have not been able to fulfill all spatial ability indicators used in this study. Keywords: Spatial Ability, Simple Space Building, Elementary School

Detail Informasi