
Pengaruh Teknik Self-Management Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas IX Di MTs Negeri Malinau Tahun Ajaran 2022/2023
Pengarang : Fitriyanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh teknik self-management terhadap kedisiplinan siswa kelas IX MTs Negeri Malinau Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pre-eksprimental desaign dengan bentuk one group pretest-posttest desaign yang akan mengkaji tentang pengaruh teknik self-management terhadap kedisiplinan siswa di MTs Negeri Malinau. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Negeri Malinau yang berjumlah 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa yang diambil menggunakan teknik probabiliting sampling dengan teknik simple random sampling, adapun cara yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan mengundi gulungan kertas sehinga didapati satu kelas yang akan dijadikan sampel dalam penelitian. Pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data menggunakan Uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh secara signifikan teknik self-management terhadap kedisiplinan siswa. Adapun presentase kategori pada kedisiplinan siswa yaitu, pada kategori tinggi sebesar 10%, kategori sedang sebesar 90% dan Kategori rendah 0%. Dalam analisis data menggunakan uji Wilcoxon didapati nilai signifikansi 0.00, hasil tersebut menunjukan bahwa 0.00≤0,05 maka hipotesis diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh teknik self-management terhadap kedisiplinan siswa di MTs Negeri Malinau.
Kata Kunci: Kedisiplinan, Self-Management
The objective of the research was to determine the effect of self-management technique on the students’ discipline of the ninth graders in MTs Negeri Malinau. It was a quantitative research employing a pre-experimental design in the form of a one group given a pretest-posttest design. The population of the research were all the ninth graders in MTs Negeri Malinau. There were two groups from which 31 students taken, using a probabilistic sampling technique with a simple random sampling technique. The collection of data applied a likert scale. The data analysis technique used the Wilcoxon test. The results shows that there is a significant effect of self-management techniques on their discipline. Most of the students (90%) are in medium-level discipline, and only 10% of the students are in high discipline. From the Wilcoxon test, a significance value of 0.00 is identified, and the results show that 0.00 ≤ 0,05. It means hypothesis is accepted. In conclusion, self-management technique has significant effect on the students’ discipline in MTs. Negeri Malinau. Keywords: Discipline, Self-Management