Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tarakan

Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tarakan

Pengarang : Hesti Diah Pratiwi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan number sense siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika pada materi konsep bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 3 siswa yang diambil secara acak pada kelas IV SD Muhammadiyah 1 Tarakan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes soal number sense berbentuk pilihan ganda dan uraian serta pedoman wawancara. Analisis data menggunakan empat indikator number sense untuk mendeskripsikan number sense siswa yaitu 1) Mampu mengenali nilai bilangan, hubungan antar bilangan, mengurutkan dan representasi bilangan; 2) Mampu memiliki kepekaan bilangan terhadap operasi bilangan dan hubungan antar operasi bilangan; 3) Mampu memiliki intuisi dalam memperkirakan suatu bilangan dan 4) Mampu menggunakan berbagai strategi dalam menyelesaikan perhitungan yang tepat. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan maka ditarik kesimpulan bahwa secara keseluruhan subjek memenuhi empat indikator number sense. Namun terdapat dua subjek yang tidak memenuhi indikator number sense yaitu pada indikator “Mampu memiliki kepekaan terhadap operasi bilangan dan hubungan antar operasi bilangan” hal ini terjadi karena subjek tidak mengerti kaidah dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan terutama operasi hitung perkalian dan pengurangan. Selanjutnya, indikator number sense muncul saat dilakukan intervensi pada saat wawancara. Hal ini dikarenakan subjek baru menyadari atau timbul kepekaan terhadap persoalan dengan cara memberikan persoalan yang berbeda namun tidak jauh dari konteks persoalan tersebut.

Kata Kunci: Kemampuan Number Sense, Konsep Bilangan Bulat, Matematika

This study aimed to describe student’s number sense abilities in solving mathematical problems on the concept of integers. The research method used was qualitative with a descriptive approach. The subjects of this study were threes students who were selected randomly in class IV SD Muhammadiyah 1 Tarakan. Data collection was administered using a number sense test in the form of multiple choices and descriptions and interview guidelines. Data analysis used four number sense indicators to describe students’ number sense; 1) being able to recognize number values, the relationship between numbers, sorting and representing numbers; 2) being able to have number sensitivity to number operations and the relationship between number operations; 3) being able to have intuition in estimating a number and 4) being able to use various strategies in completing correct calculations. According to the results, data analysis, and discussion, the subjects fulfilled the four number sense indicators. However, two subjects did not meet the number sense indicator “Being able to have sensitivity to number operations and the relationship between number operations”. This happened because the subject did not understand the rules for completing number arithmetic operations, especially multiplication and subtraction arithmetic operations. Furthermore, the number sense indicator appeared during the intervention during the interview. This way because the subject just realized or developed sensitivity to the problem by giving a different situation that was close to the context of the problem. Keywords: Number Sense Ability, Integer Concept, Mathematics

Detail Informasi