Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Di SDN 009 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Di SDN 009 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Di SDN 009 Tarakan

Pengarang : NUR KASIH - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline yang ditinjau dari validasi media, materi, bahasa dan juga praktisi. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline. Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 80%, ahli materi 86%, ahli bahasa 84%, dan ahli praktisi 100%. Hasil validasi ahli media, materi, bahasan dan praktisi menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil ketertarikan siswa pada uji coba terbatas sebesar 82% dan uji coba lapangan sebesar 83%. Hasil angket ketertarikan siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa siswa sangat tertarik terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Model ADDIE, Media Interaktif Articulate Storyline

The present research employed research and development. It aims to produce an interactive learning media using Articulate Storyline in terms of the validation of media, material, language and practitioner. Additionally, this research was also conducted to determine students’ interest in the interactive learning media using articulate storyline. This research and development procedure used the ADDIE development model consisting of 5 stages, namely Anlysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The obtained validation results was 80% from the media expert, 86% from the material expert, 84% from the language expert, and 100% from the practitioer. The aforementioned validation results showed that the interactive learning media using Articulate Storyline was very feasible to be utilized in the learning process. The results of student interest in a limited trial was 82% and in a field trial was 83%. The student interest questionnaire result in the limited and field trials indicated that students were very interested in interactive learning media using Articulate Storyline. Keyword: Research and Development; ADDIE Model; Articulate Storyline Interactive Media

Detail Informasi