Fenomena Digital Isolation Pada Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Biologi UBT) Tahun 2021 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Fenomena Digital Isolation Pada Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Biologi UBT) Tahun 2021

Fenomena Digital Isolation Pada Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Biologi UBT) Tahun 2021

Pengarang : Novri Hadi Saputra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menjawab dua pertanyaan terkait Digital isolation pada proses pembelajaran daring. Pertama, permasalahan digital isolation dan kedua, faktor penyebab terjadinya digital isolation pada mahasisiwa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. Metode penelitian mengunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ialah seluruh mahasiswa aktif angkatan 2017 – 2020 dengan penentuan sempel menggunakan kuota sampling. Data diperoleh berdasarkan hasil angket dan observasi yang dikirim kepada responden melalui link googleform. Hasil penelitian ini menunjukan : pertama, pada permasalahan digital isolation terdapat permasalahan yaitu pada aspek motivasi sekitar 47,7% , aspek bahan ajar sekitar 43,6 % , aspek pemahaman mahasiswa terkait materi sekitar 43,7% dan aspek teknis sekitar 49,4%. Kedua, berdasarkan faktor penyebab terjadinya digital isolation : 1)pada aspek motivasi faktor penyebabnya ialah kurang menariknya media yang digunakan, komunikasi yang terbatas, dan sulit berinterakasi, 2)pada aspek bahan ajar faktor penyebabnya ialah kurangnya ilustrasi, kurang dalam penjelasan dan materi yang kebanyakan berupa bacaan, 3)pada aspek pemahaman terkait materi faktor penyebabnya ialah kurang penjelasan tentang materi, hanya diberikan tugas, kurangnya dukungan keluarga dan motivasi, 4)pada aspek teknis faktor penyebabnya ialah kurang pemahaman tentang aplikasi yang digunakan, gawai yang tidak kompatibel dan mahalnya kuota internet.

Kata kunci : Digital Isolation, Fenomena, Pandemi, Pembelajaran daring

The research aims to describe digital isolation in the online learning process.There were two research questions in this research. The first is the digital isolation problem, and the second is the causal factor of digital isolation to students of the Biology Education Department. Research methods used quantitative descriptive research. The subject of the study was all active students in the class of 2017-2020 with a sampling quota. The data was taken from delivering research instruments, surveys and observations through a google form link. This research result showed, first, in the digital isolation problem, there was a problem in the motivation aspect (47.7%),the teaching material aspect (43.6%), the student's understanding aspect (43.7%), and the technical aspect (49.4%). Second,based on the causative factor of digital isolation, there were some findings:1) in the motivational aspect, the causative factor was the lack of media used, limited communication, and difficulty interacting, 2) in the aspect of the material, the causative factor was the lack of illustration, the lack of explanation and the material was mostly readability, 3) in the aspect of understanding related matter factors were lack of explanation of the material, only assignment, lack of support of family and motivation, 4) in the technical aspect factors were the lack of understanding about the application used, the devices were incompatible and expensive of the internet quota. Keywords: Digital Isolation, Pandemic ,Online Learning

Detail Informasi