Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan Terkait Isu-Isu Bioteknologi Modern | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan Terkait Isu-Isu Bioteknologi Modern

Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan Terkait Isu-Isu Bioteknologi Modern

Pengarang : Azmi Ramadhana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana persepsi mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan terkait isu-isu bioteknologi modern. Penelitian ini merupakan jenis penelitian metode survei dengan pendekatan dekskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2018 & 2019 yang berjumlah 112 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan indikator persepsi (menyerap atau menerima) menunjukkan bahwa 69% mahasiswa pernah mempelajari terkait bioteknologi modern pada topik bayi tabung, suntik mati, produk GMO dan xenotransplantasi dari dalam dan luar perkuliahan. Adapun persepsi mahasiswa berdasarkan indikator persepsi (mengerti atau memahami) mengenai bayi tabung, yaitu 70% setuju dan 30% tidak setuju. Suntik mati, 52% setuju dan 48% tidak setuju. Produk GMO, 21% setuju dan 79% tidak setuju. Serta xenotransplantasi, 19% setuju dan 81% tidak setuju. Mahasiswa sebaiknya mempelajari mengenai isu-isu bioteknologi modern, apabila tidak didapatkan dari dalam perkuliahan, maka bisa memanfaatkan internet untuk mencari tahu mengenai isu-isu bioteknologi modern karena hal ini merupakan salah satu bentuk hasil dari kemajuan teknologi.

Kata Kunci : Isu-isu Bioteknologi Modern, Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan, Persepsi.

This study aims to analyze how the students perceivemodern biotechnology issues. This is a survey research with a quantitative descriptive approach. The sample in this study was the students of Biology Education from the batches of 2018 and 2019, 112 students. The data collection techniques are interviews and documentation. The research results, based on perception indicators (absorbing or receiving), show that 76% of students have studied modern biotechnology on the topic of IVF, lethal injection, GMO products and xenotransplantation from the lectures and external source. Meanwhile their perception, baced on the indicators (understanding or understanding), reveal that regarding IVF, most of the students (70%) agreed and others (30%) disagreed. About the legal injection, their perception is divided equally: 52% agree and 48% disagree. Students should learn modern biotechnology issues, not only from the lectures, but also from other source avaible in the internet. Modern biotechnology issues is one of the result of technology advances. Keywords: Modern Biotechnology Issues, Students’s Perception, IVF, Lethal Injection, Xenotransplantation, GMO Products.

Detail Informasi